f

Get in on this viral marvel and start spreading that buzz! Buzzy was made for all up and coming modern publishers & magazines!

Fb. In. Tw. Be.
berprogres

Tetap Berprogres Ketika di Rumah Saja

Ingin melakukan hal positif dan bermanfaat, tapi bingung harus memulai dari mana? Situasi pandemi yang membuat kita melakukan banyak hal dari rumah, tidak jarang membuat diri sendiri bingung dan mungkin sebagian dari kita berpikir, “Akan melakukan kegiatan apa untuk menepis rasa bosan?” Apalagi jika kita termasuk orang yang aktif di luar rumah dan mudah bosan bila harus tetap di rumah saja.

Sebenarnya bisa lho kita memanfaatkan waktu luang selain rebahan yang tentunya dibarengi hal positif, apalagi saat kita sedang semangat-semangatnya beraktivitas. Akan sangat disayangkan bila perasaan semangat yang sudah berkobar itu, ujung-ujungnya hanya dapat menatap gawai atau televisi secara bergantian. Selagi semangat, kita bisa sekalian berprogres juga lho!

Lalu apa yang dapat kita lakukan untuk tetap berprogres tatkala pandemi? Nah, kita bisa coba dengan selangkah lebih dekat dengan diri sendiri, berdamai dengan diri sendiri, dan meningkatkan kemampuan yang dimiliki, seperti penjelasan berikut ini.

Mengenal Diri Sendiri

Masa karantina atau saat kita memilih untuk di rumah saja, kita bisa memiliki banyak waktu luang dengan diri sendiri. Lalu, bagaimana kita bisa mengenal diri sendiri? Kita bisa mencoba hal berikut.

Menulis

Tulis apa saja yang disukai atau tidak disukai. Menuliskan hal-hal yang bisa dilakukan dan apa saja hal yang tidak bisa dilakukan. Singkatnya, kita bisa menulis biodata diri. Hal ini bertujuan untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan diri sendiri, bahkan menumbuhkan rasa kepedulian kepada diri sendiri. Sebab, jika kita tidak peduli dengan diri sendiri, siapa lagi yang akan peduli? Orang lain? Kita tidak bisa mengendalikan seseorang, terlebih lagi perasaan orang lain untuk peduli. Bila kita mengenal diri sendiri, kita bisa fokus dan berbenah diri, memperbaiki apa yang perlu diperbaiki terhadap diri sendiri.

Baca Juga  Meningkatkan Komunikasi Positif dalam Keluarga
Membaca

Pernahkah dirimu merasa seperti tokoh utama dalam buku fiksi yang dibaca? Merasa memiliki watak seperti protagonis atau bahkan pemeran antagonis, tapi versi dunia nyata? Dari buku fiksi yang pernah atau sedang dibaca, kita bisa belajar mengenali diri sendiri dengan membandingkan atau menyamakan sifat juga tingkah laku kita yang kurang lebih sama dengan tokoh yang dibaca itu.

Berdamai dengan Diri Sendiri

Setelah mengetahui kelebihan, kelemahan, kesukaan, dan ketidak sukaan dari diri sendiri, kita agaknya perlu berdamai dengan diri sendiri. Meyakinkan diri sendiri bahwa memang benar, manusia tidaklah sempurna. Setiap manusia tidak berada di garis start yang sama. Sebab masing-masing dari kita berbeda, baik lingkungan, pendidikan, maupun cara bertumbuh. Kita bisa mengubah apa yang mau kita ubah, tetapi kita pun perlu belajar menerima kenyataan yang tidak bisa diubah. Jangan lupa, semangat!

Meningkatkan Kemampuan Diri

Setelah mengetahui baik dan buruknya diri sendiri serta menerima kekurangan dan kelebihan itu, tentu kita bisa mengukur kemampuan yang dimiliki dengan mengasah kelebihan. Jika memungkinkan, kita juga dapat memperbaiki hal yang dirasa kurang pada diri kita. Dengan ini, kita dapat berprogres. Baik itu dari hal yang disukai, diminati, ataupun hanya sekadar coba-coba. Lalu, langkah apa saja yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kemampuan hingga berprogres menjadi lebih baik tatkala pandemi? Berikut langkah yang bisa dilakukan.

Membantu Anggota Keluarga

Saat di rumah, kebanyakan dari kita menghabiskan waktu bersama keluarga. Agar lebih produktif di rumah, kita bisa membantu ibu memasak. Dengan begitu, akan menambah kemampuan baru bagi yang baru belajar memasak. Bahkan seseorang yang pandai memasak pun dapat meningkatkan keterampilannya dalam memasak. Tidak hanya memasak, mendekorasi rumah saat membantu ayah pun dapat dilakukan, baik sesuai selera kita atau hal yang menurut kita estetik. Selain itu, kita juga dapat melatih keterampilan berbicara. Seperti saat membantu adik mengerjakan tugas atau menjadi tutor untuk adik.

Baca Juga  Tips Mengatasi Suasana Hati di Tengah Pandemi Covid-19

Namun, jika dirimu merasa tidak memiliki siapa-siapa atau sedang sendiri dan ingin sendirian, tetapi ingin melakukan kegiatan, kamu bisa mencoba belajar merias wajah (bagi perempuan), menanam, dan mengurus tanaman agar lingkungan di sekitar rumah terlihat menyegarkan. Tidak hanya itu, belajar bermain alat musik dan mendengarkan musik sambil bernyanyi pun dapat menjadi alternatif yang tidak membosankan saat di rumah. Dan saat bernyanyi cobalah untuk merekam suaramu, dan kamu dapat sekaligus belajar mengapresiasi hasil rekamanmu!

Mengikuti Webinar

Bermodalkan telepon genggam dan kuota, kita dapat mengikuti web seminar! Adakah yang suka berburu web seminar? Misalnya mengikuti web seminar mengenai kecantikan, cara mengelola bisnis, atau seputar keterampilan menulis, dan sebagainya dengan mengikuti seminar yang diminati. Mengikuti web seminar atau webinar ini bisa menambah pengetahuan dan kemampuan juga lho, jika kita mengikuti web seminar dengan saksama!

Mengikuti Lomba

Diam di rumah saja juga bisa menghasilkan sebuah karya! Dan membuat sebuah karya meskipun bukan mahakarya merupakan sebuah pencapaian yang luar biasa. Saat pandemi, kita bisa mengikuti lomba daring, baik mengenai kepenulisan, kesenian, menggambar, mendesain, atau lomba keterampilan apapun yang membuat kita berprogres tatkala pandemi.

Semoga paparan di atas dapat membantu menambah referensi aktivitas untuk berprogres di rumah. Jangan khawatir dan takut untuk memulai, apalagi untuk kebaikan diri sendiri di masa sekarang dan di masa yang akan datang. Tetap semangat menjalani hari, semoga pandemi lekas berakhir. (Editro : Laeli)

Bagikan
Post a Comment