f

Get in on this viral marvel and start spreading that buzz! Buzzy was made for all up and coming modern publishers & magazines!

Fb. In. Tw. Be.
keluarga

Mempererat Keluarga selama #DiRumahSaja

Sudah kurang lebih 8 bulan kita dihadapkan dengan pandemi Covid-19 atau yang lebih dikenal dengan virus corona. Dan sudah selama itu pula kita harus menerapkan aturan-aturan dari pemerintah agar virus corona tidak menyebar lebih luas. Sampai sekarang, kita belum tahu kapan virus ini akan berakhir. Sementara masalah-masalah lain muncul sebagai akibat dari pandemi. Untuk itu sudah sepantasnya kita dan pemerintah saling bahu-membahu dan berupaya semaksimal mungkin dalam menangani masalah ini.  Karena dengan bersama, kita pasti bisa melindungi keluarga.

Kampanye untuk tetap di rumah saja serta mengurangi aktivitas di luar rumah dianggap langkah yang paling efektif dalam mengurangi penyebaran virus korona. Pemerintah mendorong hal ini dengan upaya menutup tempat-tempat yang berpotensi menciptakan keramaian seperti sekolah, tempat kerja, pusat perbelanjaan, pusat keagamaan, dll. Semua aktivitas sebisa mungkin harus dilakukan di rumah. Sebab itu muncullah istilah work from home dan virtual class.

Serba-serbi #DiRumahSaja

Peralihan metode bekerja dan belajar dari tatap muka menjadi online method tentunya memiliki banyak hambatan. Jaringan internet dan kuota menjadi dua hal paling penting dalam menerapkan metode tersebut. Tak jarang banyak kita dengar berita tentang anak-anak yang berupaya mencari sinyal hingga sampai ke gunung demi bisa belajar. Belum lagi muncul pertanyaan tentang seberapa efisien pekerjaan dan pembelajaran yang bisa dilakukan jika mengandalkan metode berbasis daring tersebut. Tapi mau tidak mau semuanya harus kita lakukan agar penyebaran virus corona ini tidak meluas dan segera hilang.

Menjalankan aturan untuk tetap di rumah saja tentu bukanlah hal yang mudah. Apalagi untuk waktu yang tidak sebentar. Pasti muncul rasa bosan dari dalam diri kita masing-masing. Segala upaya dilakukan untuk mengatasi rasa kejenuhan tersebut. Dua hal yang umumnya dilakukan adalah bermain gadget dan tidur. Buktinya terjadi peningkatan penggunaan sosial media hingga 40% serta peningkatan penggunaan aplikasi game online sebesar 34%.

Bermain gadget dan tidur tentu tak selamanya memberikan dampak positif bagi kita. Dilansir dari situs www.alodokter.com, tidur yang berlebihan dapat menyebabkan gangguan pada hormon dan metabolisme tubuh. Selain itu meningkatkan resiko terkena diabetes. Begitu pula dengan konsumsi gadget yang berlebihan. Mata sakit dan lelah pastinya sering kita rasakan saat bermain gadget terlalu lama. Belum lagi risiko-risiko lainnya. Oleh karena itu, seharusnya kita dapat mengimbangi hal tersebut dengan melakukan berbagai aktivitas positif lainnya.

Keluarga Adalah Prioritas Utama

Pernahkah kita berpikir bahwa aturan untuk tetap di rumah saja justru merupakan waktu yang tepat untuk mempererat hubungan keluarga? Coba kita bayangkan, biasanya kita hanya memiliki waktu 6 jam di rumah. 18 jam sisanya digunakan untuk aktivitas di luar rumah serta tidur. Namun sekarang, hampir semua waktu kita dihabiskan di rumah. Tentunya waktu tersebut dapat digunakan untuk quality time bersama keluarga. Karena bagaimanapun, keluarga sudah sepantasnya menjadi prioritas bagi diri kita masing-masing.

Dikutip dari situs www.dosenpsikologi.com, menghabiskan waktu bersama keluarga ternyata membawa banyak sekali dampak positif diantaranya : (1) Mendekatkan anggota keluarga. Sebuah studi yang dimuat jurnal Family Relations menyebutkan, keluarga yang sering melakukan kegiatan bersama akan memiliki ikatan emosional yang kuat serta dapat beradaptasi dengan baik. (2) Membawa keseimbangan pada kehidupan pribadi. (3) Mengurangi risiko masalah perilaku pada anak. Menurut sebuah studi yang dilakukan University of Minnesota pada 2008, remaja yang makan malam dengan keluarga sebanyak lima kali atau lebih dalam seminggu cenderung terhindar dari risiko penyalahgunaan zat terlarang, dibandingkan remaja yang kurang dari dua kali seminggu makan malam bersama keluarga. (4) Membuat anak menjadi lebih percaya diri. (5) Menciptakan kenangan yang indah.

Kegiatan Menyenangkan bersama Keluarga

Menghabiskan waktu bersama keluarga selama di rumah saja tentunya tak harus selalu diisi dengan duduk dan mengobrol satu sama lain. Banyak sekali pilihan kegiatan-kegiatan yang pastinya lebih menarik dan menyenangkan. Berikut adalah beberapa diantaranya :

Memasak

Jika biasanya memasak hanya dilakukan oleh kaum hawa, ternyata aktivitas yang sedang viral dikala pandemi korona ini juga sudah mulai ditekuni oleh laki-laki. Bukan tidak mungkin memasak akan menjadi aktivitas yang menarik untuk dilakukan disaat quality time bersama keluarga. Apalagi jika disambung dengan makan bersama setelahnya.

Tea Time

Jika sedang menginginkan sesuatu yang sederhana untuk menghabiskan waktu bersama keluarga, tea time adalah pilihannya. Hanya bermodalkan teh, kita sudah dapat melakukan bonding bersama keluarga. Asalkan tidak diselingi dengan bermain gadget pastinya.

Menonton Film

Menonton film merupakan salah satu aktivitas yang sering dilakukan saat quality time bersama keluarga. Banyak sekali film-film menarik yang dapat dinikmati bersama. Selain menjadi sesuatu yang menyenangkan, ternyata menonton film bersama keluarga dapat menjadi salah satu jalan bagi orang tua dalam mengenali perilaku dan kebiasaan anak.

Bermain Permainan Sederhana

Board games atau bermain permainan sederhana bisa dipastikan merupakan salah satu pilihan yang tepat dalam menghabiskan waktu bersama keluarga. Meskipun biasanya kita melakukannya bersama teman, bukan tidak mungkin akan lebih menarik jika dilakukan dengan keluarga.

Melihat Foto dan Video Kenangan

Berdasarkan penelitian yang dipublikasikan di Jurnal Memory oleh Psikolog Timothy Ritchie, mengingat masa lalu dan kenangan indah dibaliknya dapat  mendorong pemulihan dari peristiwa negatif dan mempromosikan emosi positif. Tentunya kegiatan itu akan jauh lebih menarik jika dilakukan bersama keluarga. Melihat kilas balik masa lalu sambil berbagi canda tawa adalah sesuatu yang menyenangkan.

Bedtime

Menghabiskan malam dan tidur bersama bisa menjadi salah satu pilihan yang dapat dilakukan dalam menguatkan ikatan kekeluargaan. Dilansir dari www.smartmama.com, bedtime ternyata sangat bagus dalam perkembangan kecerdasan emosi anak-anak. Lebih positif bukan daripada hanya bermalas-malasan di kamar masing-masing sambil bermain gadget?

Olahraga

Selain mempererat hubungan antar anggota keluarga, melakukan olahraga bersama tentunya membuat fisik semakin kuat sehingga meminimalisir resiko terkena virus korona. Terdapat beberapa rekomendasi olahraga bersama yang dapat dilakukan di rumah  seperti cardio workout, senam, pilates, yoga, dsb.

Pada akhirnya, kita harus senantiasa berpikir positif dan optimis selama pandemi virus corona ini. Pikiran dan emosi positif tentunya datang dari kegiatan yang positif pula. Menghabiskan waktu bersama keluarga dengan melakukan hal-hal yang bermanfaat tentunya akan membuat hati dan pikiran menjadi lebih tenang. Di sisi lain, kita juga dapat kembali mempererat rasa kekeluargaan satu sama lain. (Editor : Laeli)

Penulis : Muhammad Faris

Bagikan
Post a Comment