f

Get in on this viral marvel and start spreading that buzz! Buzzy was made for all up and coming modern publishers & magazines!

Fb. In. Tw. Be.

Tanda-tanda Kiamat Telah Dekat

Kapan kiamat terjadi? kiamat pasti akan terjadi! Itu telah menjadi keyakinan kita sebagai muslim yang beriman. Percaya akan adanya hari kiamat merupakan merupakan salah satu rukun imam, yaitu rukun iman yang ke-5. Tetapi kapankah hari kiamat itu terjadi? Tidak ada seorangpun yang tahu, kecuali ALLAH SWT. Bahkan Rasulullah sendiri tidak mengetahuinya, sebab semua itu telah menjadi rahasia ALLAH SWT, yang tidak diberitahukan kepada para hambanya.

Meskipun hanya Allah lah yang mengetahui  kapan hari kiamat itu terjadi, setidaknya Allah telah memberikan tanda-tanda yang menunjukan bahwa kiamat itu sudah dekat. Adapun tanda-tanda yang menunjukan tentang dekatnya hari kiamat itu terbagi menjadi dua, yaitu : tanda-tanda sughra dan tanda-tanda  kubra. Adapun yang termasuk dalam tanda-tanda sughra adalah:

  • Merajalelanya perzinaan.
  • Kemaksiatan dan kedurhakaan sudah menjadi hal yang biasa.
  • Merajalelanya orang yang minum khamer (arak).
  • Banyak wanita yang bangga memamerkan auratnya.
  • Jumlah kaum wanita lebih banyak dari pada jumlah kaum lelaki.
  • Banyaknya orang yang membangun dan mempercantik masjid, tetapi sedikit orang yang beribadah didalamnya.
  • Dan masih banyak lagi hal-hal yang menunjukan tentang dekatnya hari kiamat.
Adapun tanda-tanda Kubra dan sebagai proses terjadinya hari kiamat sebagai berikut:
  • Munculnya Dajjal.
  • Keluarnya Imam Mahdi.
  • Keluarnya Ya’juj Ma’juj.
  • Turunnya Nabi Isa a.s.
  • Terbitnya Matahari Dari Arah Barat.
  • Tiupan sangkakala
Munculnya Dajjal Di muka Bumi

Telah terjadi perbedaan pendapatan di kalangan muffasir tentang tempat keluarnya Dajjal. Ada yang berpendapatan  bahwa dajjal itu akan keluar dari negeri khurasan, termasuk wilayah Iran. Adalagi yang berpendapat bahwa dajjal itu akan keluar dari negeri yang ada antar Iraq dan Syria. Pendapat yang terakhir ini berdasarkan hadits berikut ini :

Baca Juga   Perempuan, Islam dan Menyemai Perdamaian di Indonesia

“pada suatu pagi Rasulullah SAW menerangkan Tentang Dajjal, beliau merendahkan dan meninggikan suaranya, sehingga kami seakan-akan dekat dengan sekumpulanlebah (maksudnya kurang bisa memahami tentang apa yang dikemukakan oleh Rasulullah SAW).

Pertama kali dajjal muncul tingginya 10dzira’, tingkah lakunya bagaikan orang shalih, senang mengajak kebaikan. Dengan sikapnya ini,orang yang lemah imannya terjerat dalam perangkapnya. Setelah banyak pengikutnya, ia mengaku menjadi Nabi.bagi orang yang imannya teguh, mereka tidak mempercayai pengakuan dajjal ini, sebab mereka mengerti bahwa setelah Nabi Muhammad SAW sudah tidak ada Nabi lagi. Ketika perjalanan Dajjal sudah sampai di suatu negeri yang ada antara Iraq dan Syam(Syiria), Dajjal kemudian mengaku dirinya sebagai Tuhan, yang bisa menghidupkan kembali orang yang sudah mati, menubuhkan tanaman seketika pada bumi yang tandus, mendatangkan hujan sekaligus dapat meredakannya.

Untuk itu kaum muslimin harus memperhatikan tentang peputaran waktu,terutama jam-jam shalat. Ini penting sekali agar shalatnya tidak teledor.sebab pada saat itu gencar-gencarnya fitnah yang dilakukan oleh dajjal dan setan, tidak ada lagi tempat untuk berlindung kecuali mendekatkandiri kepada Allah, dengan cara melakukan perintah dan menjauhi larangannya, serta menambah aktifitas beribadah dan bertaqqarub kepada Allah, karena hanya Allah-lah yang bisa dimintai pertolongan dari ganguan dan fitnah Dajjal.

Keluarnya Imam Mahdi dan Nabi Isa a.s untuk Membunuh Dajjal

Pada suatu hari Imam Mahdi melakukan peperangan dengan Dajjal di daerah Bani Hasyim. Disitu Kaum muslimin dikejar-kejar oleh Dajjal, tetapi mereka bisa lolos dengan naik ke gunung dukhan. Dan saat itu tiba-tiba terdengar kalau nabi Isa a.s turun dari langit. Turunya Nabi Isa ini langsung berada diatas meneara putih yang berada disebelah timur kota damaskus, yang menjadi ibukota Syria.

Baca Juga  Narasi Perdamaian dalam Tafsir Al-Qur’an

Kedatangan Nabi Isa a.s ini membuat Dajjal Kalang kabut, akhirnya Dajjal melarikan diri. Akan tetapi Nabi Isa a.s terus memburunya sampai akhirnya Dajjal Tertangkap di daerah Babilud. Yaitu sebelah tenggara ibu kota Palestina, Baitul maqdis atau Yerussalem kira-kira jaraknya sejauh tiga kilo meter. Dittempat itulah dajjal di bunuh oleh Nabi Isa a.s tanpa membuang waktu lagi akhirnya, Nabi Isa a.s Menancapkan parang pada leher Dajjal, maka mengalirlah darah segar dari leher Dajjal, ia Meronta-ronta kesakitan dalam sakratul mautnya, suaranya seperti sapi yang sedang disembelih. Pada akhirnya Dajjal mati. Dan sedangkan tempatnya ia kembali adalah jelas neraka.

Zaman Ya’juj Ma’juj

Pada zaman Ya’juj Ma’juj banyak kaum muslimin yang menderita hidup serba susah dan sengsara, bahkan tidak sedikit diantara mereka yang meninggal, karena sulitnya mendapatkan makanan dan air, Karena itu kaum muslimin bersama dengan Nabi Isa a.s mengungsi ke gunung Thur untuk menyelamatkan diri dari keruskan yang dilakukan oleh Ya’juj Ma’juj.

Di gunung itupun kaum muslimin lama-kelamaan juga kesulitan makanan, persediaan yang dibawanya habis. Untuk turun dari gunung tidak mungkin, disamping tidak ada makan dibawah dan juga khawatir akan jadi mangsa Ya’juj Ma’juj. Akhirnya satu-satunya jalan adalah memohon pertolongan kepada Allah.  Allah kemudian mengabulkannya dengan menurunkan ulat yang banyak sekali untuk menggerogoti leher Ya’juj Ma’juj. Ada juga yang berpendapat, Allah menurunkan penyakit hidung kepada Ya’juj Ma’juj . dalam waktu yang singkat seluruh Ya’juj Ma’juj mati secara bersamaan dan tidak ada satupun yang tersesisa.

Setelah itu, kehidupan kaum muslimin semakin baik,semakin aman dan tentram. Pada saat itu Nabi Isa menjalankan syariat Rasulullah SAW dalam menata kehidupan masyarakat Islam, dan banyak juga orang kafir yang masuk Islam setelah melihat kebenaran ajaran-ajaranya.dimana-mana tampak kerukunan,ketentraman dan kedamaian umat , jarang terjadi penganiyaan dan kejahatan. Akan tetapi massa seperti ini amatlah singkat dan tidak berlangsung lama, hanya berlangsung selama di tunggu atau adanya Nabi Isa a.s .

Baca Juga  Kemajuan Saf di Tengah Ramadan
Terbitnya Matahari dari Barat

Menurut apa yang tertera dalam hadist Rasulullah SAW, ketika hari kiamat telah dekat, ibarat tinggal sejengkal, matahari akan terbit dari arah terbenamnya, yakin sebelah barat, namun semua itu tidak terjadi begitu saja, melainkan melalui proses, saat mengahapkanya matahari itu kehadapan Allah SWT.

Ketika telah dekat terjadinya hari kiamat kemunafikan dan angkara murka semakin merajalela dan banyak sekali orang-orang yang melakukan dosa besar di muka bumi. Sedangkan syari’at Islam telah diabaikan serta hukum-hukum Islam sudah tidak diperdulikan lagi.

Tiupan Sangkakala

Ketika pertama kali sangkakala di tiup, maka terkejutlah penduduk langit dan bumi, kecuali yang dikehendaki oleh Allah. Kemduian mereka mati semuanya.dalam hal ini para ahli tafsir berebeda pendapat mengenai bilangan tiupan sangkakala. Sebagian alih tafsir mengatakan, bahwa sangkakala ditiup dalam bebearapa kali tiupan, yaitu tiupan yang menakutkan, tiupan yang mematikan dan tiupan yang membangkitkan dari dalam kubur.

Demikianlah segala Tanda-tanda terjadinya hari kiamat ,kita sebagai orang islam wajib bertaqwa dan menjauhi segala larangannya. Serta mempercayai bahwa kiamat itu pasti akan terjadi dan dunia ini akan hancur.

Bagikan
Comments
  • Sarah Uswatun Hasanah

    Sukses trs👍

    November 10, 2020
  • Usman

    Wah ngeri sekali yah… Semoga kita semua Selalu dalam lindungan allah dan terhindar dari fitnah dajjal 🙏

    November 17, 2020
Post a Comment