f

Get in on this viral marvel and start spreading that buzz! Buzzy was made for all up and coming modern publishers & magazines!

Fb. In. Tw. Be.
menikah

Seni Mengatur Waktu

Hari demi hari telah dilewati dalam hidup kita, artinya tantangan terus bertambah dan makin bertambah. Pertanyaannya apakah kita semakin kuat atau semakin melemah? Kita cukup jawab dalam hati saja ya.

Benar kata Syafii Efendi seorang pengusaha termuda di Indonesia yang mengatakan “Hidup tidak akan selalu berjalan mudah dan mendukung kita. Kitalah yang harus cerdas mengatur dan memenangkan hidup ini”. Apalagi jika memenangkan hidup ini diusia muda merupakan sebuah pencapaian yang sangat luar biasa.

So kesuksesan besar yang diraih banyak orang di usia yang relative muda tidak lepas dari mereka mengatur dirinya sebaik mungkin. Paling penting dalam meraih kesukesan adalah waktu yang kita gunakan. Kita semua mempunyai kesempatan yang  sama untuk menyamai atau melebihi orang-orang yang sukses di luar sana. Mereka semua bisa, kita jauh lebih bisa !

Tanyakan Pada Diri Sendiri: Apakah Ini Penting ?

Mari mulai hari ini tanyakan pada diri kita sendiri. Seberapa pentingkah kegiatan ini untuk saya? Untuk masa depan saya? Jika tidak penting maka gantilah menjadi hal- hal penting. Pilihlah yang mana yang lebih diprioritaskan. Beranilah bermimpi, karena dengan berani kita telah menaikkan level pikiran kita. Karena hanya yang berani berimajinasi tinggilah yang akan sampai ke tempat dimana orang lain tidak akan bisa merasakannya.

Sekali lagi waktu hanya material (bahan baku). Kitalah yang bisa menjadikannya sebuah pedang tajam, yang siap membunuh penghalang masa depan yang cerah. Atau, sebaliknya kita yang akan terbunuh oleh waktu itu sendiri. Ambil keputusan terbaik atas waktumu sekarang, karena ia tidak menunggu.

Banyak dari kita gagal karena tidak dapat mengatur waktu dengan baik. Di antaranya tidak dapat menentukan yang mana lebih diprioritaskan sehingga semua dikerjakan dan membuang tenaga padahal tidak begitu penting. Itulah menjadi sebuah tantangan bagi kita dalam mengatur dan menggunakan waktu dalam hidup.

Kamu Tipe Manusia Seperti Apa ?

Syafii Efendi dalam bukunya My Enemy is Me bahwa ada 4 tipe manusia dalam mengatur waktu. Pertama, hal penting dan mendesak. Kedua, hal penting tetapi tidak mendesak. Ketiga, hal tidak penting dan mendesak. Keempat hal tidak penting dan tidak mendesak. Mari kita bahas satu-persatu mana dari keempat sikap kita terhadap waktu. Jika tidak segera kita revolusi maka dunia yang menekan kita dimasa depan.

Penting dan Mendesak

Cara kita mengggunakan waktu yang seharusnya bisa kita lakukan sejak dulu. Namun kita tunda-tunda sampai akhirnya waktu kian dekat dan kita “ terpaksa” menyelesaikannya karena mendesak. Hasilnya kurang maksimal dan energi kita termakan habis seketika

Penting dan Tidak Mendesak

Cara kita mengunakan waktu di bagian ini lebih bijaksana. Kita mulai melakukan rencana- rencana yang terukur. Target bulanan kita pecah dalam kegiatan harian dan akhirnya hasilnya maksimal dan bisa ditingkatkan terus menerus. Hal ini adalah bagian “ high recommended” untuk dijadikan kebiasaan kita semua.

Tidak Penting dan Tidak Mendesak

Dibagian ini kita sering lalai menghabiskan waktu. Lingkungan yang negative dan lemah membawa kita pada sikap ini dan tentunya adalah atas persetujuan kita secara pribadi. Hal –hal yang tidak penting menghampiri kita dan kita terima begitu saja. Hal ini lama-lama menjadi kebiasaan dan meracuni masa depan kita. Contoh : diajak teman main game disaat waktu belajar.teman tidak memaksa, namun kita meiyakan ajakan tersebut.

Tidak Penting dan Mendesak

Dalam bagian ini kita misalnya ditelpon teman “ ayo dong, kita nonton sekarang. Yang lain sudah pada kumpul nih, ayo cepat”. Kemudian  kita ikut terdesak dan menghabiskan waktu kita untuk menonton. Di waktu yang sama ada pekerjan dan tugas lain yang lebih penting. Sehingga hal yang lebih penting terabaikan.

Dari 4 tipe tersebut bagian 1, 3 dan 4 harus mulai kita kurangi dan hilangkan. Menjadi pribadi yang terencana akan mebuat kita tampil dan meraih hasil yang maksimal. Fokuslah ke bagian 2 kita menggunakan waktu untuk hal-hal yang penting dan tidak mendesak.

Seni Mengatur Waktu

Tiba saatnya kita juga perlu belajar untuk menggunakan waktu kita lebih efektif. Hal itu dapat mengantarkan kita pada pencapaian –pencapaian yang terbaik yang kita inginkan. Tetapi sebelum itu ubah terlebih dahulu mindset kita bahwa tidak ada sukses yang instan. Segalanya butuh proses selangkah demi selangkah menuju perbaikan, di tulisan ini penulis ingin berbagi tips strategi yang dapat lakukan;

  1. Membuat rencana kerja harian secara detail di waktu malam hari sebelum tidur. Segala sesuatu yang teratur maka mudah untuk diukur.
  2. Buat skala prioritas. Berikan ranking atau urutan di setiap tindakan yang telah kita atur di hari sebelumnya.
  3. Tegas menjalankan rencana harian kita.
  4. Tunda hal yang kurang penting. Memang menunda adalah hal yang tidak baik untuk kita yang ingin sukses  di usia muda.  Tetapi menunda disini adalah menunda hal yang kurang penting tetapi harus dilakukan.
  5. Jadilah raja tuntas . Selesaikan segera semua pekerjaan atau jadwal yang telah direncankan secepat dan seefektif mungkin. Tuntaskan hari itu juga jika bisa diselesaikan, Karena hari esok akan ada hal lain atau hal baru yang menanti kita.
  6. Aturlah gadgetmu !
  7. Dorong terus dirimu untuk mengalahkan pesaingmu. Secara tidak langsung kompetisi perlu dilakukan, namun dilakukan dengan sehat. Agar dapat memacu semangatmu untuk semakin fokus dan bertumbuh lebih baik. Pesaing disini yang paling terberat adalah diri kita sendiri. Tugas kita bukan lebih baik dari dia dan mereka, tetapi menjadi lebih baik dari diri kita sendiri.
  8. Kebiasaan rapi akan membantumu. Rapi dalam artian kita telah mempersiapkan apa yang kita butuhkan jauh-jauh hari.
  9. Mendengarkan musik semangat. Ada masa dimana kita merasa bosan dan jenuh, maka perlunya kita mendengarkan lagu-lagu. Ini bisa membuat kita semangat lagi dan bergairah untuk melanjutkan aktivitas harian kita.
  10. Istirahat pada waktunya. Istirahatlah dengan semestinya, kita tidak bisa memaksakan diri kita dalam keadaan fisik yang lemah. Jaga selalu jam tidur kita setiap harinya. Maka semua strategi hidup yang  disampaikan di atas dapat terlaksana dengan baik.
  11. Ibadah sebagai pondasi terkuat. Terakhir namun sangat penting. Semua kesuksesan harus disertai dengan doa.

Itulah beberapa tips untuk mengatur waktu agar dapat digunakan secara efektif dan hidup kita lebih bermakna. Mungkin ada banyak strategi- strategi yang lebih baik diluar sana. Bukan seberapa banyak cara atau stategi yang kita tahu, tetapi bagaimana kita mengeksekusinyalah yang menentukan hasil di masa depan. 

Bagikan
Post a Comment