f

Get in on this viral marvel and start spreading that buzz! Buzzy was made for all up and coming modern publishers & magazines!

Fb. In. Tw. Be.
digital

Revolusi Teknologi Digital dan Dampak Terhadap Perekonomian (Part 1)

Platform digital adalah tempat menyusun kembali hubungan antara pelanggan, pekerja, dan pemberi kerja seiring perkembangan teknologi yang menembus hampir semua hal yang kita lakukan. Mulai dari membeli bahan makanan secara online hingga menemukan teman baru melalui aplikasi. Karena daya komputasi meningkat secara dramatis dan semakin banyak orang di seluruh dunia yang berpartisipasi dalam ekonomi digital, kita harus memikirkan dengan hati-hati tentang cara menyusun kebijakan. Yang akan memungkinkan kita untuk sepenuhnya memanfaatkan revolusi digital sambil meminimalkan dislokasi pekerjaan.

Transformasi digital ini menghasilkan kemajuan ilmiah dan perubahan teknis, kita menyebutnya teknologi. Tujuan umumnya yaitu sebagai kekuatan untuk terus-menerus mengubah dirinya, secara progresif bercabang dan meningkatkan produktivitas di semua sektor dan industri.

 Transformasi seperti itu jarang terjadi. Hanya tiga teknologi sebelumnya yang mendapatkan perbedaan ini: mesin uap, generator listrik, dan mesin cetak.

Perubahan ini membawa manfaat jangka panjang yang sangat besar.  Mesin uap, yang awalnya untuk memompa air keluar dari tambang, melahirkan rel kereta api dan industri melalui penerapan tenaga mekanik.  Manfaat bagi petani dan pedagang mengirimkan barang mereka dari pedalaman suatu negara ke pantai, memfasilitasi perdagangan.

***

Pada dasarnya, revolusi teknologi untuk tujuan umum juga sangat mengganggu. Bahkan pada awal nikola tesla memiliki gagasan dalam penyaluran listrik secara gratis menimbulkan pro dan kontra. Gangguan semacam itu terjadi justru karena teknologi baru begitu fleksibel dan menyebar.  Akibatnya, banyak manfaat tidak hanya dari adopsi teknologi, tetapi dari adaptasi terhadap teknologi.

Munculnya pembangkit listrik memungkinkan daya tersalurkan secara tepat di mana pun, sangat meningkatkan efisiensi manufaktur dan membuka jalan bagi jalur produksi modern.  Senada dengan itu, Gojek adalah contoh perusahaan jasa yang menggunakan teknologi digital untuk memberikan layanan yang lebih baik.

Baca Juga  Ada Anak Bertanya pada Ayahnya

Komponen penting dari teknologi ini adalah bahwa teknologi harus terlebih dahulu teradopsi secara luas sebelum masyarakat beradaptasi dengannya. Pengiriman listrik tergantung pada generator. Revolusi teknologi saat ini bergantung pada komputer, tulang punggung teknis Internet, mesin pencari, dan platform digital. Karena kelambanan dalam beradaptasi dengan proses baru, seperti mengganti percetakan tradisional dengan penerbitan online, maka membutuhkan waktu sebelum pertumbuhan ini. Pada tahap awal revolusi semacam itu, semakin banyak sumber daya yang khusus untuk inovasi dan reorganisasi yang manfaatnya baru akan terwujud kemudian.

***

Misalnya, ketika James Watt memasarkan mesin yang relatif efisien pada tahun 1774, membutuhkan waktu hingga cukup lama untuk lokomotif uap yang sukses secara komersial pertama kali muncul. Dan baru pada tahun 1830-an produksi per kapita Inggris meningkat dengan jelas.  Mungkin tidak mengherankan jika revolusi digital belum muncul dalam statistik produktivitas — lagipula, komputer pribadi baru muncul sekitar 40 tahun yang lalu.

Tapi jangan salah revolusi digital sedang berlangsung. Selain mengubah pekerjaan dan keterampilan, juga merombak industri seperti ritel dan penerbitan dalam waktu yang tidak terlalu lama.  Di Indonesia, masyarakat telah banyak menggunakan transaksi internet. Seperti platform gopay, ovo, link aja, dan lain-lain yang dapat melakukan berbagai pembayaran dan meningkatkan daya konsumtif masyarakat karena mudah dan efisien.  Raksasa e-commerce Indonesia Tokopedia sudah memiliki bank digital (Bank Jago) dan bisa saja memberikan pelanggannya untuk memberikan pinjaman skala kecil kepada konsumennya di Indonesia

Sementara itu, cryptocurrency atau mata uang digital menjadi tantangan bagi upaya memerangi pencucian uang dan aktivitas terlarang lainnya.  Tapi apa yang membuat aset ini menarik juga membuatnya berpotensi berbahaya. Cryptocurrency dapat berfungsi untuk memperdagangkan obat-obatan terlarang, senjata api, alat peretasan, dan bahan kimia beracun.

Baca Juga  Jadi, Kapan Mau Nikah?
***

Di sisi lain, teknologi yang mendasari mata uang ini (blockchain) kemungkinan akan merevolusi keuangan dengan membuat transaksi lebih cepat dan lebih aman. Sementara informasi yang lebih baik tentang klien potensial dapat meningkatkan harga pinjaman melalui penilaian yang lebih baik tentang kemungkinan pembayaran kembali. Indonesia sebagai negara dengan penduduk yang banyak pun mulai melirik cryptocurrency. Pemerintah harus segera menetapkan regulasi untuk memastikan integritas keuangan dan melindungi konsumen sambil tetap mendukung efisiensi dan inovasi.

Ke depan, kita mungkin melihat lebih banyak gangguan dari terobosan dalam komputasi kuantum, yang akan memfasilitasi kalkulasi yang berada di luar kemampuan komputer tradisional.  Saat mengaktifkan produk baru yang menarik, komputer ini bahkan dapat membatalkan beberapa teknologi baru.  Misalnya, mereka dapat membuat standar saat ini dalam kriptologi menjadi usang, berpotensi mempengaruhi komunikasi dan privasi di tingkat global.  Dan ini hanyalah salah satu aspek dari ancaman terhadap keamanan dunia maya. Sebuah masalah yang menjadi semakin penting, mengingat hampir semua layanan publik dan informasi pribadi yang penting sekarang online.

Kecepatan dipercepat

Digitalisasi juga akan mengubah pekerjaan orang. Pekerjaan hingga sepertiga dari angkatan kerja AS, atau sekitar 50 juta orang, dapat berubah pada tahun 2020 menurut sebuah laporan yang diterbitkan tahun lalu oleh McKinsey Global Institute. Studi ini juga memperkirakan bahwa sekitar setengah dari semua aktivitas berbayar dapat menggunakan robotika dan teknologi pembelajaran buatan dan mesin yang ada. 

Misalnya, komputer belajar tidak hanya untuk mengemudikan taksi. Tetapi juga untuk memeriksa tanda-tanda kanker, tugas yang saat ini milik ahli radiologi yang bergaji tinggi.  Meskipun pandangan berbeda-beda, jelas bahwa akan ada potensi kehilangan pekerjaan dan transformasi besar di semua sektor dan tingkat gaji. Termasuk kelompok yang sebelumnya dianggap aman dari otomatisasi.

Baca Juga  Pengendalian Diri sebagai Bentuk Komunikasi dari Hati ke Hati

Satu hal yang pasti: tidak ada jalan untuk mundur sekarang.  Teknologi digital akan menyebar lebih jauh, dan upaya untuk mengabaikannya atau membuat undang-undang menentangnya kemungkinan akan gagal. Pertanyaannya adalah “bukan apakah Anda ‘mendukung’ atau ‘melawan’ kecerdasan buatan — itu seperti menanyakan nenek moyang kita apakah mereka mendukung atau menentang api,”

Jawabannya tidak terletak pada penyangkalan. Tetapi dalam merancang kebijakan cerdas yang memaksimalkan manfaat teknologi baru sambil meminimalkan gangguan jangka pendek yang tak terhindarkan. Kuncinya adalah fokus pada kebijakan yang merespons perubahan organisasi yang didorong oleh revolusi digital.

Bagikan
Post a Comment