f

Get in on this viral marvel and start spreading that buzz! Buzzy was made for all up and coming modern publishers & magazines!

Fb. In. Tw. Be.
creative thinking

Pengembangan Creative Thinking Menjadi Creativepreneur untuk Kesejahteraan Perempuan

Kesejahteraan bagi perempuan adalah hak yang diperjuangkan bagi siapapun, di manapun dan kapanpun. Kesejahteraan psikologis menjadi satu pondasi kuat dalam meraih ketahanan hidup perempuan. Namun tidak hanya kesejahteraan psikologis saja yang diperjuangkan. Dalam menyikapi satu kondisi seperti saat ini di masa pandemi, sangat mungkin menjadikan perempuan semakin aktif dalam melakukan banyak hal. Utamanya menyangkut kesejahteraan dalam mendukung ketahanan ekonomi keluarga.

Kondisi saat ini mengharuskan perempuan untuk keluar dari zona nyaman. Mau tidak mau siyap tidak siyap kondisi perubahan menjadikan perempuan semakin menyesuaikan diri dalam beradaptasi dengan lingkungan. Lingkungan inilah yang menempa hidup perempuan semakin berwarna dan bermakna.

Perempuan Sebagai Sosok Creativepreneur yang Handal

Rahmania, diskusi panjang tentang perempuan akan perannya yang sangat strategis tidak pernah ada habisnya. Dalam hal kesiapan terhadap perubahan,perempuan dikenal lebih siap dan adaptif terhadap lingkungan. Ragam keterampilan yang dimiliki oleh perempuan ( mutiple life skiils) menjadi penguatan bagi perempuan dalam berkompetensi sesuai dengan bakat dan lainnya.

Budaya literasi dalam peningkatan keterampilan inipun menjadi creative thinking yang merupakan bagian dalam mengasah kemampuan perempuan untuk melakukan serangkaian proses yang dilalui dari mulai menemukan, mengevaluasi, memproduksi dan mengkomunikasikan melalui ragam kreativitasnya.

Hadirnya keragaman kreativitas inilah menjadi pemantik bagi perempuan untuk mengubah ragam pola kewirausahaan yang dijalani secara mandiri dengan menjadikan dirinya sosok creativepreneur yang handal. Bagi perempuan yang tinggal di manapun baik di perkotaan maupun di pedesaan; seperti daerah pesisir dengan ragam usaha yang dijalani oleh komunitas perempuan terampil mampu menggugah perempuan lain untuk saling menguatkan. Sehingga sangat diapresiasi manakala perempuan memiliki jaringan yang luas karena dimulai dari individunya yang aktif melalui sarana pertemuan dengan ragam keterampilan.

Banyak contoh keterampilan yang dimiliki perempuan terkait creativepreneur di antaranya adalah munculnya motivator perempuan yang bergerak dengan caranya melalui media digital yang mudah diakses oleh ragam generasi milenial . Ada pergerakan creative thinking  yang bermula dari gagasan menjadi model/ display berjalan sehingga ditiru oleh perempuan lain.

Ada pula kreativitas dan inovasi yang muncul melalui kegiatan seperti dol tinuku online/ jualan dalam ragam produk apapun. Satu lagi yang lagi booming yakni perempuan pembuat konten baik; tujuannya untuk pemasaran produk usaha maupun informasi dan masih banyak lagi. Contoh creativepreneur salah satunya driver ojek online perempuan Semua hadir sebagai solusi akan kebutuhan pun keinginan untuk terus produktif.

Peningkatan Kesejahteraan Perempuan, Mendukung Ketahanan Ekonomi di Masa Pandemi

Perempuan memiliki multi talent, peningkatan kesejahteraan perempuan dalam mendukung ketahanan ekonomi keluarga di masa pandemi harus terus didukung  dan selaras dalam gerak dan langkah. Wujud nyata yang ada di masyarakat saat ini dan memiliki nilai tambah bagi perempuan salah satunya terkait passion. Dengan passion yang dimiliki perempuan akan menjadikan kekuatan besar untuk mewujudkan impian atau cita- citanya.

Saat kondisi pandemi ini, sentuhan lembut perempuan dengan kasih sayang dalam menebar kemanusiaan menjadi fondasi dalam pijakan untuk saling membantu tentunya dalam hal kebaikan. Saling memasarkan produk teman/ tetangga menjadi local wisdom yang harus terus di geliatkan. Aku-kamu menjadi kita sebab bersaudara dan bersama kan lebih kuat dengan menyandingkan (kolaborasi). Inilah sejatinya esensi dari pengembangan creative thinking menjadi creativepreneur.

Apabila konsep sudah mengena dan visi sudah sesuai maka eksekusi atau dibuat nyata adalah keharusan. Saat ini munculnya ragam profesi justru dimulai dari kebiasaaan/ pembiasaan. Bagi perempuan contohnya proses dari mengolah sampai evaluasi adalah kebiasaan baru di masa Pandemi. Bagaimana jualan bisa laku dengan minimnya ruang display produk tidak menjadi penghalan; justru menjadi tantangan untuk kemudian pemanfaatan e-commerce / market place dan lainnya berjejaring menyebar sampai banyak pilihan untuk bekerjasama.

Membangun kekuatan tim sejatinya membangun keragaman keterampilan. Sehingga akan muncul womenpreneur/ pengusaha perempuan yang mampu menjadi figur/ model yang tangguh bagi perempuan lain karena terlahir from zero to hero. Kegigihan/ sikap untuk tidak menyerah menjadi salah satu poin penting dalam creativepreneur. Pengambilan resiko menjadi starting point untuk menggali lebih kuat potensi  melalui ragam cara yang berbeda yang dilakukan baik oleh individu maupun komunitas.

Adanya pengembangan creative thinking tersebut akan menghasilkan creativepreneur yang  menguatkan kesejahteraan perempuan dalam ketahanan ekonomi keluarga . Sehingga terwujud narasi dan aksi bersama pemerintah/ lembaga lain secara harmonis dalam menyikapi ketahanan ekonomi saat ini. Dengan harapan dapat membantu perempuan baik individu maupun kelompok dalam mencapai kehidupan sosial  ekonomi  dan kesehatan bersama. Semoga.

Bagikan
Post a Comment