f

Get in on this viral marvel and start spreading that buzz! Buzzy was made for all up and coming modern publishers & magazines!

Fb. In. Tw. Be.
perfect muslimah

Menjadi Perfect Muslimah

Ahmad Rifa’i Rif’an dalam bukunya “The Perfect Muslimah” menjelaskan bahwa perfect muslimah tetaplah manusia biasa, yang terlahir dari rahim ibunya, dibesarkan dengan lingkungan yang sama pula dengan kita.

Ia bukanlah perempuan yang turun dari langit yang kemudian menunjukkan sebuah kesempurnaan dalam akhlak, dalam paras, dalam ilmu, untuk membuat iri para perempuaan lainnya. Tetapi ia belajar mengolah jiwa, ia belajar mengolah rasa, ia juga belajar mengolah karsa. Ia terus melatih jiwanya agar terus peka pada kebaikan. Yang senantiasa berjuang untuk menjadi atau paling tidak mendekati kesempurnaan.


Dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari “Hendaklah kalian melakukan amal dengan sempurna. Jika tak mampu berbuat yang sempurna, maka lakukanlah yang mendekatinya”. ehingga terang bahwa jika tidak mampu menjadi yang sempurna, setidaknya lebih baik bagi kita melakukan hal yang mendekatkan pada titik kesempurnaan.

Memang tidak ada makhluk yang sempurna di dunia ini kecuali Rasulullah saw. Namun, sulitkah menjadi bagian mereka yang selalu berada dalam jaringan kesempurnaan? Seperti halnya perfect muslimah yang senantiasa meneguhkan dirinya dalam perbaikan diri agar tetap pada jalan menuju kesempurnaan. Walaupun ia sama seperti kita tak bisa lari dari melakukan dosa dan berpeluang untuk melakukannya.

Nah berikut ini, yuk kita simak apa saja sih karakter yang mereka miliki? Sehingga banyak yang terkagum atau bahkan menjadi impian banyak ikhwan di luar sana. Sehingga karakter yang ia miliki bisa menjadi inspirasi untuk kita agar bisa berupaya menjadi muslimah seutuhnya. Meski jauh dari kata sempurna, namun setidaknya kita mencoba agar selalu melakukan perubahan menuju kesempurnaan. Berikut karakteristik yang dimiliki perfect muslimah :

Baca Juga  Melibatkan Suami dalam Pengasuhan
Indah Akhlaknya

Dunia adalah perhiasan, dan sebaik-baiknya perhiasan adalah wanita sholihah” hadis yang diriwayatkan oleh Imam Muslim dari Abdullah ibn Amr tersebut akan selalu menjadi pengingat bagi perfect muslimah agar selalu memperbaiki dirinya sehingga memiliki akhlak yang indah layaknya perhiasan dunia, yang melebihi intan dan berlian.

Teduh Parasnya

Siapa sangka perfect muslimah memiliki paras yang begitu meneduhkan. Bagi siapapun yang berada di dekatnya akan merasakan ketenangan dan ketentraman. Kata “Paras” biasanya akan lebih berarti sebagai tampang atau rupa muka, baik ketampanan maupun kecantikan.

Namun, dalam bahasan perfect muslimah, teduh parasnya bukan berarti ia yang cantik rupawan muka saja. Jika begitu, siapa saja bisa cantik tanpa memperhatikan moral dan etika. “Kecantikan itu ada di mana-mana berasal dari diri sendiri bukan karena polesan kosmetik atau ukuran apapun,” kata seorang photografer, Noroc dalam proyeknya “The Atlas of Beauty”.

Brilian Otaknya

Muslimah dengan kesempurnaan akhlaknya tentu juga memiliki otak yang cemerlang. Mengapa demikian? Karena hal-hal positif selalu memenuhi pikirannya dan berambisi untuk terus menimba ilmu.

Sebagai seorang Perfect Muslimah maka ia akan terus belajar dan memperbaikidirinya, agar kelak mampu menjadi madrasah pertama untuk anak-anaknya. Meskipun sang suami hadir sebagai pemimpin, peran ibu juga harus aktif dalam mengatur rumah tangganya. Apalagi yang paling dekat dengan anaknya adalah ibunya. Jadi sudah dapat dipastikan kedekatan antara seorang ibu dan juga anaknya memang benar-benar terikat.

Mantap Agamanya

Kaum muslimah adalah ujung tombak penanaman wawasan keislaman atau tsaqofah Islamiyah (Islamic Worldview) kepada generasi muda, khususnya anak-anak. Tak bisa dipungkiri bahwasannya perfect muslimah setidaknya memiliki wawasan agama yang mendalam. Ia akan terus mengatur perjalanan hidupnya sesuai dengan ajaran tuntunan agama Islam.

Baca Juga  Al-Qur’an dan Hak Asasi Perempuan

Kemanapun ia pergi tak luput dari ingatan selalu tentang Allah sang Maha Pencipta. Inilah mulianya diri seorang Perfect Muslimah, sifatnya yang Muroqobah (mawas diri) menjadikannya lebih berhati-hati dalam melakukan segala hal. Suatu hal yang memang tidak bisa dihindari adalah dosa, sehingga perfect muslimah pun akan tetap berpeluang melakukan dosa. Tapi ia akan selalu berusaha melakukan perubahan pada setiap waktunya.

Luas Pergaulannya

Terkesan monoton jika kita tidak memiliki relasi yang luas, sebagaimana karakteristik perfect muslimah yang satu ini. Ia akan memperluas jaringan pertemanannya sehingga memberikan energi baru dari setiap pengalaman yang ia peroleh dari relasinya.

Bagaimanakah pergaulan perfect muslimah? Ia mempunyai pergaulan yang cukup baik, berada di lingkaran kebaikan, dan selalu memilih tempat-tempat yang penuh kebaikan di dalamnya.

Tak cukup satu atau dua lingkup. Ia akan terus berusaha memperluas akses pertemanan supaya pengajaran atau pengalaman tidak hanya itu-itu saja. Namun, baginya tidak hanya memperluas saja perlu adanya penyaringan setiap kali menjangkau lingkungan baru.

Dahsyat Prestasinya

Berprestasi memiliki standar tersendiri bagi setiap pribadi, tak terkecuali bagi seorang muslimah. Seorang muslimah merupakan komponen dalam keluarga dan masyarakat yang memiliki peran utama dalam membentuk generasi dan peradaban. Sebab apapun dalil yang didengungkan para sholihah, tetaplah seorang muslimah bagian dari madrasah pertama bagi setiap lapisan generasi.

Sejak zaman Nabi Adam hingga zaman Rasulullah SAW, kisah inspirasi dari para muslimah berprestasi telah banyak bertebaran. Bila kita bercermin pada masa Rasulullah SAW, maka kita akan melihat bahwa mereka menjadi patokan dalam membantu tugas dakwah. Menjadi ujung tombak kemajuan ummat. Menyerukan kebaikan pada setiap lapisan ummat.

Hebat Kontribusinya

Perfect uslimah yang hebat, cerdas, dan berprestasi tentunya akan selalu berkontribusi sesuai skill atau kemampuan yang ia miliki. Kontribusinya akan menjadi bentuk pengabdiannya dalam mengemban amanah selain berbagi manfaat kepada sesama.

Baca Juga  Pentingnya Membangun Karakter Positif Perempuan

Setelah kita melihat uraian di atas, sudah jelas bukan bagaimana seorang muslimah yang sesungguhnya. perfect muslimah bukan untuk disanjung, bukan untuk dikagumi, apalagi hanya sebagai idola. Perlu bagi kita para akhwat sebagai sesama muslimah untuk bisa terinspirasi dari beberapa karakteristik istimewa nan mulia yang perfect muslimah miliki tersebut.

Bagikan
Post a Comment