f

Get in on this viral marvel and start spreading that buzz! Buzzy was made for all up and coming modern publishers & magazines!

Fb. In. Tw. Be.
berat badan ideal

Memiliki Berat Badan Ideal Tanpa Harus Menyiksa Diri

Pada masa sekarang ini, sosial media telah menjadi bagian penting dari kehidupan. Bagi sebagian orang, tampil di media sosial adalah bentuk dari aktualisasi diri. Dan penampilan yang enak dilihat dan menarik adalah salah satu faktor yang menentukan kesuksesan di media sosial.

Meskipun banyak faktor menentukan penampilan yang menarik dan bersifat relatif bagi setiap orang; tetapi ada standar baku yang diterima umum bahwa salah satu faktor yang menarik dari penampilan adalah berat badan yang ideal dan proporsional .

Ada berbagai cara untuk mendapatkan penampilan yang menarik , bisa dengan  cara rekayasa menggunakan teknologi semacam filter dan photoshop  maupun dengan cara yang lebih alami yaitu dengan mengubah pola makan atau diet. Terlepas dari segala pro dan kontra, yang patut menjadi perhatian kita adalah jika diet dilakukan dengan cara yang salah sehingga berbahaya bagi kesehatan.

Sebenarnya ada langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk mendapatkan berat badan ideal secara aman. Karena bagian terpenting dari usaha untuk  mendapatkan berat badan ideal adalah motivasi. Betul, motivasi. Bukan melarang makan nasi. Ini masih menjadi pemahaman yang salah kaprah bagi kebanyakan orang.

Hal yang Menentukan Keberhasilan Diet

Motivasi menjadi penggerak utama berhasil atau tidaknya diet yang dilakukan oleh seseorang. Dengan motivasi yang kuat maka kemungkinan diet akan berhasil menjadi lebih besar. Salah satu motivasi terkuat adalah kebutuhan untuk tampil menarik di media sosial.

Sudah jamak kita temui di restoran, orang memilih memoret makanannya terlebih dahulu dan mengunggahnya ke media sosial alih-alih segera memakan sajian yang terhidang. Mereka rela menahan lapar lebih dahulu demi hasil foto makanan yang cantik. Terkadang mereka juga memilih makanan dengan presentasi yang menarik dibandingkan makanan yang mengenyangkan.

Baca Juga  Rahasia Umur Panjang Li Ching-Yuen

Motivasi lain yang bisa jadi penggerak untuk diet  bisa kita pelajari dari drama korea ‘200 Pounds Of Beauty’. Dalam drama tersebut diceritakan bagaimana seorang gadis dengan suara yang sangat merdu tetapi berpenampilan kurang menarik hanya dapat bernyayi di belakang panggung sementara penyanyi  lipsync dengan tubuh indah meraih kepopuleran di atas panggung.

Tidak itu saja, bahkan gadis tersebut kerap menjadi bahan bullying dan body shaming. Yang lebih menyedihkan, orang yang dia cintai merasa malu dengan penampilannya. Meskipun pada akhirnya  gadis tersebut menjadikan itu semua sebagai motivasi, dan akhirnya berhasil menjadi gadis cantik dengan badan yang sempurna. Yang demikian ini juga bisa terjadi  di dunia nyata.

Diperlukan perubahan pola pikir agar memiliki motivasi yang benar. Karena motivasi sangat diperlukan untuk  menjadi sumber semangat saat menjalani  diet. Dengan demikian maka hasil yang didapat akan bertahan lebih lama.

Kita akan termotivasi saat mengetahui manfaat yang diperoleh. Manfaat yang utama adalah kesehatan. Dengan pola hidup yang sehat dan pola makan yang benar maka tubuh menjadi bugar dan  jauh dari penyakit. Selain itu, kebiasaan pola makan yang benar akan melatih kedisiplinan dan kontrol diri. Bagaimana kita disiplin memilih jenis makanan yang sesuai dengan kebutuhan tubuh dan bagaimana kita bisa mengontrol jumlah makanan sesuai dengan yang dibutuhkan.

Motivasi yang Kuat untuk Hidup Sehat

Motivasi yang kuat akan membuat kita tidak malas belajar tentang diet dari sumber-sumber ilmiah yang terpercaya. Dari sini kita bisa memahami bagaimana cara tubuh bekerja dalam mengelola energi dari makanan yang kita makan. Mengetahui kebutuhan kalori yang kita perlukan dan bagaimana melakukan defisit kalori saat ingin menguruskan badan. Tidak bingung lagi kenapa berat badan tidak bisa turun padahal makan cuma sekali sehari misalnya.

Baca Juga  Tips Mengatur Porsi Makan Saat Diet

Kuncinya adalah memperhatikan jenis makanan yang kita konsumsi. Ini bisa mempengaruhi motivasi karena berhubungan dengan  cara bagimana bisa tetap makan enak dan tetap kenyang selama diet. Jenis makanan yang kurang bervariasi, rasa makanan yang hambar atau selalu kelaparan saat diet bisa meruntuhkan motivasi.  Jangan sekali-kali menggunakan cara-cara instan yang bisa  membahayakan kesehatan. Misalnya seperti diet ekstrem, konsumsi suplemen-suplemen berbahaya, atau bahkan bulimia.

Motivasi yang kuat membuat kita mau mengenali dan memperbaiki kebiasaan yang berpengaruh buruk terhadap progam diet. Misalnya kebiasaan ngemil. Perlu kemauan yang kuat untuk mengganti cemilan yang tidak sehat di rumah dengan buah dan sayur atau makanan rendah kalori.

Selalu motivasi diri untuk  mencari kegiatan yang bermanfaat. Konsentrasi dan fokus pada suatu kegiatan mengalihkan pikiran dari keinginan untuk makan. Bergerak melakukan suatu aktivitas atau berolahraga juga dapat membakar lemak dan membentuk otot sehingga mencegah tertimbunnya lemak.

Demikian juga dengan meminum air dalam jumlah yang cukup. Selain dapat mengurangi timbulnya rasa lapar, kebutuhan air dalam tubuh menyebabkan kadar elektrolit tubuh menjadi lebih seimbang, sel-sel  terhidrasi dengan baik dan metabolisme tubuh meningkat. Akibatnya kulit tampak lebih segar dan badan lebih bugar.

Untuk mencapai hal tersebut tentu saja butuh kesabaran karena semua itu bisa berhasil bila dijalani secara bertahap. Perubahan drastis  dari pola makan biasanya hanya akan bertahan sebentar. Menjalaninya secara bertahap akan merubah  pola hidup sehingga menjadi kebiasaan dan membuat hasilnya bisa bertahan lama. Perubahan pola hidup secara mendadak akan menjadikan kita tersiksa lalu meninggalkan program.

Evaluasi Program untuk Berat Badan Ideal

Terakhir yang kita perlukan adalah evaluasi program diet secara berkala. Hasil yang kita rasakan meskipun hanya sedikit perubahannya akan memompa motivasi  untuk tetap melanjutkan program diet. Pada akhirnya akan tercapai keinginan kita untuk  menjadi orang yang sehat, sukses dan bahagia

Baca Juga  Peran Orang Tua : Penyemangat atau Pematah Semangat?

Sehat ditandai dengan tubuh yang fit dan bugar. Keluhan kesehatan menjadi berkurang dan usia sel menjadi semakin muda. Dan sukses adalah saat  kita mencapai suatu prestasi  yaitu berat badan ideal dan berhasil mengalahkan diri sendiri dengan kemauan yang kuat. Niscaya timbul perasaan bahagia karena  merasa senang dengan hasil yang telah dicapai. Jangan lupa, olahraga yang teratur akan memperbaiki mood karena terbentuknya hormon  endorphin yang berhubungan juga dengan perasaan bahagia.

Semangat , selalu jaga motivasi. Salam Sehat, bugar dan bahagia.

Bagikan
Post a Comment