f

Get in on this viral marvel and start spreading that buzz! Buzzy was made for all up and coming modern publishers & magazines!

Fb. In. Tw. Be.
sarapan sehat

Jenis Kue Kering yang Akan Hits Selama Bulan Ramadhan

Ramadhan adalah moment paling tepat memulai bisnis kuliner. Selama satu bulan penuh kaum muslim fokus beribadah puasa. Sebagai pelengkap, setiap sore menjelang waktu berbuka selalu ramai dengan aktivitas ngabuburit, yaitu waktu menunggu berbuka puasa. Banyak yang memanfaatkan waktu ini untuk berburu kuliner. Tak heran jika banyak bermunculan pebisnis dadakan selama sebulan. Selain bisnis takjil, kue kering juga ramai peminat.

Untuk persiapan lebaran biasanya para ibu rumah tangga memesan atau membeli kue kering. Sampai-sampai beberapa jenis kue identik dengan lebaran walaupun juga bisa dijumpai pada bulan biasa. Berikut ini adalah beberapa jenis kue kering yang hits sepanjang waktu setiap bulan Ramadhan tiba.

Varian Kue Kering Kastengel

Siapa yang tidak kenal dengan kastengel. Setiap Lebaran tiba, kue ini selalu ada di meja tamu sebagai persediaan tuan rumah. Jika kita silaturahim dengan cara berputar dari rumah ke rumah seperti masa kecil dulu pasti akan menjumpai kue khas lebaran ini. Bentuknya persegi panjang dengan ujung tumpul berhias keju.

Citarasa dari kastengel adalah dominan asin gurih karena terbuat dari keju. Dari aromanya menunjukkan kue kering ini menggunakan butter atau margarin serta keju. Sedikit menggunakan gula namun tetap friendly di lidah anak-anak. Berminat bisnis kue kering, jangan lewatkan memproduksi kastengel yang legendaris ini karena penjualan lebih cepat menguntungkan.

Nastar

Nastar adalah kue kering berbentuk bulat dengan isian selai nanas di dalamnya. Bagian luar dilapisi dengan bahan olesan dari kuning telur dan susu sehingga warnanya kuning keemasan. Nastar memiliki filosofi sebagai lambang kemakmuran. Nastar memiliki sebutan sebagai Ong Lai secara bahasa Tionghoa yang artinya adalah pir emas, hingga saat ini nastar menjadi spesial.

Baca Juga  Kemeriahan Maulid Nabi di Madura

Gurih, manis dan renyah di luar namun lembut di dalam karena adanya selai nanas. Saat ini semakin banyak varian isian nastar. Selain nanas, ada pula selai durian, blueberry, keju dan sebagainya. Adanya macam variasi isian nastar bertujuan untuk menciptakan citarasa berbeda sehingga penikmat nastar tidak bosan dengan satu rasa dari nanas saja.

Putri Salju

Dari namanya sudah unik. Bernama Putri Salju sebab kue ini berwarna putih dan dilapisi dengan gula halus yang menyerupai salju. Terbuat dari campuran antara tepung terigu dan maizena ditambah mentega serta kuning telur, kue kering satu ini dominan gurih dan renyah. Balutan gula halus di luarnya menambah rasa manis dan unik.

Umumnya terbuat dengan cetakan setengah lingkaran menyerupai bulan sabit. Kue ini tak kalah menarik dengan kastengel dan nastar. Namun sebenarnya tidak ada batasan khusus mengenai bentuk kue kering. Setiap pembuat bebas menentukan bisa berbentuk segitiga, bintang, hati dan sebagainya sesuai selera. Yang jelas selalu ada taburan gula halus di bagian luarnya.

Kue Kacang

Mudah sekali membuat kue kacang. Bahan bakunya juga terjangkau dan tersedia melimpah. Pada saat tertentu harga kacang tanah sangat murah sehingga bisa untuk membuat kue kering. Paduan tepung terigu dan kacang sangrai menghasilkan citarasa gurih, manis dan renyah. Kue ini termasuk makanan legendaris yang sudah ada sejak jaman dulu.

Dalam perkembangannya kreasi anak muda milenial semakin beragam. Kue kacang tidak hanya dominan rasa kacang tanah namun dapat juga bercampur dengan vanilla, green tea, coklat, keju, durian dan sebagainya. Topping wijen tidak ketinggalan sebagai pembeda dengan varian original. Bentuknya mulai beragam bulat, sabit, bintang, hati, pohon natal, karakter kartun dan sebagainya.

Baca Juga  Momentum “Shifting Paradigm”
Vanila Choco Chips

Kue kering satu ini pembuatannya sangat mudah, modalnya ekonomis dan tidak kalah dengan kue produksi pabrikan. Cukup siapkan margarin, vanilla essense, gula, baking soda, telur, choco chips dan terigu protein rendah. Campur semua bahan tersebut jadi satu secara bertahap lalu panggang dengan oven. Hasilnya renyah dengan aroma vanilla yang wangi.

Bahan pembuatnya terjangkau bahkan terbilang murah. Cocok sebagai ide usaha menjelang lebaran. Dari modal tidak sampai Rp 50.000 keuntungannya bisa mencapai 100%. Daripada membeli di pasaran dengan harga relatif tinggi, manfaatkan waktu luang untuk membuatnya sendiri di rumah. Ekonomis dengan kualitas bahan tidak perlu diragukan lagi sehingga aman dikonsumsi.

Semprit

Kue kering satu ini paling simpel cara membuatnya. Bahannya bisa menggunakan 3 macam saja rasanya sudah pasti enak dan renyah. Siapkan tepung maizena, susu kental manis putih dan margarin. Lebih wangi dan gurih menggunakan butter. Caranya, campur semua bahan, perbandingan boleh sesuai kreasi sendiri. Kemudian bentuk sesuai selera, namun bisa juga menggunakan piping bag dan spuit.

Panggang di oven listrik dengan suhu 150C atau sesuai dengan karakter masing-masing. Bisa juga menggunakan oven tangkring. Mau lebih ekonomis? Gunakan teflon anti lengket, hasilnya akan lebih gurih dan renyah. Sajian ekonomis saat lebaran bagi keluarga bisa untuk hantaran saudara pada saat mudik.

Sagu Keju

Sagu keju tidak pernah absen mengisi toples setiap lebaran. Ini juga merupakan kue kering wajib pada hari raya. Stop membeli, mulai berkreasi sendiri menggunakan peralatan dapur yang dimiliki. Bahan pembuat sagu keju sangat mudah dan ekonomis. Kita bisa memilih bahan berkualitas dengan harga lebih terjangkau.

Bahan utamanya adalah tepung sagu dan keju. Bahan pelengkap lainnya adalah pasta pandan, vanili, susu bubuk full cream, mentega, margarin, telur dan santan. Untuk proses pembuatannya sudah banyak dibagikan oleh para koki melalui youtube atau sosial media. Kita bisa mencontohnya dengan beberapa modifikasi sesuai bahan yang ada.

Baca Juga  Sertifikasi Halal Obat dan Kosmetik

Beberapa jenis kue kering ini pasti akan laris manis. Selain bisa untuk sajian hari raya bisa juga dijual. Sambil mempersiapkan lebaran, kita bisa berpenghasilan dari rumah. Tidak ada salahnya mulai mencoba berkreasi. Bisa jadi dari aktivitas rutin setiap tahun ini, menjadi bisnis menjanjikan di masa depan.

Bagikan
Post a Comment