f

Get in on this viral marvel and start spreading that buzz! Buzzy was made for all up and coming modern publishers & magazines!

Fb. In. Tw. Be.
bersabar

Allah Membersamai Langkah Orang yang Bersabar

Kehidupan manusia di dunia ini tidak akan terlepas dari dua hal, yaitu nikmat dan musibah. Begitu banyaknya nikmat yang diberikan oleh Allah, namun terkadang datang musibah yang berupa kesusahan dan kesedihan dan kedua hal ini (nikmat dan musibah) membutuhkan kesabaran dalam menerima dan menyikapinya. Bersabar merupakah salah satu pilar kebahagiaan bagi seseorang yang akan memberikan ketenangan dan ketentraman di dalam jiwa manusia.

Sesungguhnya jalan menuju Allah adalah jalan yang penuh dengan rintangan. Sedangkan jiwa itu tidak dapat istiqamah di atas perintah Allah dengan mudah. Maka barang siapa yang ingin menundukkan dan mengekangnya maka di harus bersabar. Kegagalan demi kegagalan memang kerap kita hadapi, karenaa itu salah satu hukum alam dalam kehidupan. Gagal sekali atau dua kali biasa, yang tidak biasa adalah saat kita gagal sekali atau dua kali, kita langsung menyerah. Bukankah segala hal-hal yang indah dan hebat diawali dan diakhiri dengan kesabaran?

Bersabar Itu Tidak Mudah

Sabar adalah pedang yang tidak akan tumpul, tunggangan yang tidak akan tergelincir dan cahaya yang tidak akan padam. Akan tetapi sabar tidaklah semudah ketika kita mengucapkannya. Jika tidak, Allah tidak akan memberikan pahala yang besar untuk orang-orang yang bersabar, seperti dalam firmanNya, yang artinya “Katakanlah, ‘Wahai hamba-hambaKu yang beriman, bertakwalah kepada Rabb-mu’. Orang-orang yang berbuat baik di dunia ini memperoleh kebaikan. Bumi Allah itu luas. Sesungguhnya hanya orang-orang yang bersabarlah yang dicukupkan pahala mereka tanpa batas.” (Q.S az-Zumār:10).

Mari kita renungkan salah satu ayat Al-Quran yaitu surah Al-Baqarah Ayat 153

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اسْتَعِينُوا بِالصَّبْرِ وَالصَّلاةِ إِنَّ اللَّهَ مَعَ الصَّابِرِينَ
Hai orang-orang yang beriman, mintalah pertolongan (kepada Allah) dengan sabar dan (mengerjakan) salat, sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar.”

Adakah yang pantas menjadi kekasih Allah selain orang yang sabar? Sabar bukan berarti lemah, diam membisu, tak mampu berkata-kata atau pendiam. Sabar adalah sifat rendah hati, berpasrah dengan segala takdir walaupun cobaan kerap menghantam sabar.

Terkadang dalam hidup ini pasti kita berhadapan dengan berbagai macam kesabaran, namun yang paling berat di antaranya; menghadapi hati yang marah yang tidak dapat mengendalikan dan menguasai pikiran di waktu marah, karena hal itu dapat menghilangkan kesabaran, hilang akal. Tetapi orang yang bersifat sabar dapat menahan hatinya dan mengusai pikirnnya dalam waktu yang sulit itu.

Sabar itu Pahalanya Tanpa Batas

Bagi orang selalu berlaku sabar, Allah memberikan pahala yang cukup dan cita-citanya akan tercapai serta muda mendapatkan pertolongan dari Allah SWT. Sebagaimana Firman Allah SWT dalam Al-Qur’an yang artinya : “… Sesungguhnya hanya orang-orang yang bersabarlah yang dicukupkan pahala mereka tanpa batas.” (AQS. Az-Zumar : 10).

Kawan,  jika ingin langkah kita seiring dengan-Nya, maka mendekatlah pada-Nya. Jika kita ingin mendekat pada-Nya, maka patuhilah semua perintah-Nya. Jika ingin mematuhi semua perintah-Nya maka bersabarlah. Sebab dalam menjalankan perintah-Nya, ada banyak hal ujian atau rintangan yang akan hadir sebagai bukti apakah kita benar-benar mencintai-Nya.

Sabar dalam ketaatan kepada Allah di antaranya adalah sabar dalam menuntut ilmu, sabar dalam mengamalkan dan sabar dalam mendakwahkannya. Tiga hal ini tercakup ke dalam firman Allah ta’ālā, (yang artinya) :

Demi masa, sesungguhnya seluruh manusia benar-benar berada dalam kerugian, kecuali orang-orang yang beriman, beramal shalih, saling menasehati dalam kebenaran dan saling menasehati untuk menetapi kesabaran’ (Q.S al-‘Asr: 1-3).

Bila kita menelisik ke sejarah, kisah orang-orang yang hebat yang namanya abadi dalam sejarah adalah mereka yang punya keteguhan hati dan selalu. Rasulullah SAW adalah suri tauladan terbaik dalam hal bersabar. Disusul para sahabat, para tabi’in dan masih banyak lagi. Mereka semua sabar dalam berproses dan berjuang, meskipun dihujat, dikritik, dan dijatuhkan sekaligus, mereka tetap berlalu. Mereka tak perduli dengan hal-hal yang menyakitkn, karena prinsipnya yang penting baik dan bermanfaat kenapa tidak?

Mungkin ada yang malas menelisik ke masa lalu, lalu silahkan tengok keadaan sekeliling. Lihatlah para inspirator yang mengajarkan keberhasilan. Yang mana semua keberhaslan itu tidak lepas dari sifat bersabar. Bersabar bukan berarti mengalah atau kalah, justru bersabar adalah cara terampuh untuk mengumpulkan tenanga, berpikir dan menyusun strategi selanjutnya dan dengan sabar menjauhkan kita dari depresi, gila bin stres serta mendekatkan kita pada-Nya.

Keberhasilan adalah Buah Kesabaran

Kegagalan demi kegegalan memang kerap kita hadapi. Karena tu salah satu hukum dalam kehidupan. Gagal sekali atau dua kal, biasa. Yang tidak biasa adalah saat kita gagal sekali atau dua kali, kita langsung menyerah. Bukankah segala hal-hal yang indah dan hebat diawali dan diakhiri dengan kesabaran?

Sebagai contoh, kupu-kupu indah hadir di muka bumi ini, karena kesabarannya dan bermetamorfosis. Rajawali muncul di angkasa lepas karena kesabaran dalam bertransformasi. Islam merata di lapisan muka bumi karena kesabaran Rasulullah serta sahabat dan pejuang lainnya dalam berdakwah.

Jadi tetaplah semangat untuk mencapai sebuah keinginan ataupun tujuan kita, jatuh bagun lagi dan jadikan kritikan itu sebagai memacu semangat kita untuk mencapainya lebih tinggi lag. Keep spirit buat semuanya.

Bagikan
Post a Comment