f

Get in on this viral marvel and start spreading that buzz! Buzzy was made for all up and coming modern publishers & magazines!

Fb. In. Tw. Be.
Miss Independent

Miss Independent, Apakah Hanya Wanita Karier Saja?

Belakangan ini saya sering mendengar istilah Miss Independent di beberapa konten platform media sosial seperti Instagram, YouTube, dan TikTok. Sepertinya, Wanita Karier menjadi salah satu trend yang berkembang di lingkungan wanita karier. 

Dalam konten tersebut definisi Miss Independent merupakan sebagai gambaran seorang perempuan yang mandiri dan sukses dalam menjalankan kariernya. Mereka juga mampu menyelesaikan masalah tanpa membutuhkan peran dari pria. Namun, faktanya masih banyak yang salah paham dengan istilah ini karena menganggap Miss Independent hanya berlaku pada wanita karier saja sedangkan ibu rumah tangga masih sangat tabu terhadap Miss Independent

Wanita karier yang di maksud ialah para perempuan yang bekerja di sebuah perusahaan besar dan memiliki gaji yang tinggi. Padahal makna dari gelar Miss Independent tidak hanya tertuju kepada mereka saja.

Apa Itu Miss Independent?

Makna Miss Independent yang sebenarnya adalah wanita yang tetap menginginkan pria di dalam hidupnya, namun tidak membutuhkan pria sebagai tempat bermanja-manja. Tempat bermanja-manja seperti wanita sebenarnya bertujuan untuk menggantungkan kehidupan, permasalahan, dan masa depannya kepada pria.

Wanita yang dapat mengakhiri masalahnya sendiri tanpa bantuan orang lain memaknai dirinya sebagai wanita yang mandiri. Jadi, apakah wanita yang berdagang di pasar, ibu rumah tangga, mbak-mbak supermarket dan perempuan yang berpendidikan bukan Miss Independent? Menurut saya, semua perempuan yang saya sebutkan itu merupakan Miss Independent.

Wanita yang berdagang di pasar merupakan wanita mandiri yang berusaha menyelesaikan permasalahan finansialnya dengan berdagang. Mereka tidak malu untuk berdagang dan berani bekerja keras demi memenuhi kehidupan mereka. 

Ibu rumah tangga juga merupakan Miss independent. “Lho, kok bisa? Bukannya wanita karier hanya untuk mereka yang tidak membutuhkan pria?”. Eits, ingat Miss Independent memiliki arti bahwa mereka tetap menginginkan pria tapi tidak sebagai tempat untuk bermanja-manja. 

Baca Juga  Postfeminisme: Harapan Baru Perjuangan Perempuan Indonesia

Ibu rumah tangga yang sibuk mengurus rumah ketika suami bekerja juga termasuk Miss Independent. Mereka secara mandiri mampu mengurus rumah, anak, dan banyak hal lainnya tanpa bantuan pria. Kalian mungkin juga sering melihat ibu rumah tangga lebih cenderung mengerjakan segala hal keperluan rumah sendiri dan enggan meminta bantuan suaminya. Hal tersebut karena mereka merasa mampu mengerjakannya sendiri. Itulah mengapa ibu rumah tangga juga pantas mendapat gelar sebagai Miss independent.

Berawal dari Trend Miss Independent

Begitu pula dengan mereka yang bekerja di supermarket, mereka juga merupakan Miss Independent yang berusaha mencari penghasilan sendiri dengan bekerja sebagai penjaga toko. Bukan hal yang mudah dalam menjaga sebuah toko tak jarang mereka sering mendapatkan masalah dalam pekerjaannya tersebut seperti pencurian.

Ada pun wanita yang sedang menempuh pendidikan juga merupakan Miss Independent. Mereka berusaha menjadikan diri mereka berkualitas melalui pendidikan. Hal ini, sebenarnya tidak mudah bagi wanita untuk menempuh pendidikan tinggi bahkan sering kali wanita yang berpendidika menjadi sorotan hal remeh oleh lingkungan sekitarnya. Masyarakat yang menganut sistem patriarki menganggap pendidikan itu tidak penting bagi perempuan karena pada akhirnya mereka akan di tempatkan di dapur juga. 

Padahal tujuan wanita menempuh pendidikan yang tinggi agar mereka bisa memiliki karier yang bagus untuk kedepannya, sehingga tidak dipandang sebelah mata oleh para pria. Maka dari itu wanita yang sedang menempuh pendidikan juga berhak mendapat gelar Miss Independen.

Mengenal Kisah Teladan Wanita Muslimah

Dalam islam sendiri terdapat beberapa figur teladan wanita muslimah diantaranya seperti Ratu Balqis, Maryam r.a, dan  Khadijah r.a.

  • Ratu Balqis 

Ratu Balqis terkenal sebagai figur wanita yang memiliki kepercayaan sebagai ratu di Kerajaan Saba’. Ia mampu memimpin rakyatnya, bersikap adil dan bijaksana dalam masa pemerintahannya. 

Baca Juga  Ekofeminisme; Etika Lingkungan dan Perjuangan Warga Wadas

Sekalipun Ratu Balqis adalah seorang wanita, namun ia memiliki kemandirian dan kebijaksanaan dalam mengambil keputusan sehingga mampu membawa rakyat Saba’ kepada kemakmuran dan ketentraman.

  • Maryam r.a

Sosok Maryam r.a adalah wanita yang memiliki ketangguhan, kesabaran dan kemandiriannya. Begitu besar tugas (ujian) yang Allah SWT berikan kepada Maryam, sehingga terlahir sebagai sosok wanita yang kuat dan mandiri. 

Ia melahirkan seorang putra yang bernama Nabi Isa as. dalam keadaan yang suci tanpa adanya suami. Pada saat itu Maryam seorangi wanita suci yang memang belum menikah dan bahkan tidak pernah dekat dengan laki-laki. Sehingga kondisi ini mengakibatkan ia mendapat fitnah dan hinaan dari orang-orang sekitarnya.

Namun, ia tetap sabar dan tabah membesarkan Nabi Isa as sendiri. Sikap kemandiriannya itu sangat menggambarkan sosok Miss Independent yang patut untuk di contoh.

  • Khadijah r.a

Siti Khadijah r.a sebelum menikah dengan Rasulullah saw, beliau adalah seorang janda yang bercerai dengan suaminya. Pada masa itu beliau juga pernah mendapat cacian oleh orang sekitarnya karena menjadi janda. Namun, ia tetap sabar dan menerima hinaan tersebut.

Dalam sejarah, kemandirian sosok Khadijah membawa ia menjadi wirausaha atau saudagar yang kaya dan sukses. Yang mana pada masa itu tentu tidak banyak wanita mandiri yang bisa sesukses Siti khadijah r.a. 

Dari ketiga figur muslimah tersebut, menunjukkan bahwa banyak wanita muslimah yang kuat, mandiri serta mampu meraih kesuksesan. 

Oleh karena itu, menjadi Miss Independent tidak bergantung pada profesi apa, tetapi menjadi Miss Independent adalah hak dan pilihan setiap wanita. Selain itu, menjadi Miss Independent juga bukan suatu kesalahan, tetapi suatu kebanggaan tersendiri bagi seorang wanita. 

Baca Juga  Pengalaman Menjadi Anak Emas: Kerentanan Berbasis Feeling?!

Editor: Kholifatul Husna

Bagikan
Post a Comment