f

Get in on this viral marvel and start spreading that buzz! Buzzy was made for all up and coming modern publishers & magazines!

Fb. In. Tw. Be.
organ tubuh

Tips Sehat dengan Mengenal Jam Kerja Organ Tubuh

Dalam keseharian, tentunya kita tidak lepas dari melakukan aktifitas, mulai dari matahari terbit sampai matahari terbenam, mulai dari bangun tidur sampai tidur kembali.

Sudah menjadi pola umum, bekerja di waktu pagi, siang dan sore hari. Sedangkan istirahat di malam hari untuk  melepas penat. Begitupun dengan organ yang berada dalam tubuh ( lambung, limfa, paru-paru dan jantung) kita, ia mempunyai jadwal kapan harus piket dan kapan harus beristirahat,  karena akan mempengaruhi aktifitas kita sepanjang hari.

Aktifitas kita dengan organ tubuh, ibaratnya kita seorang pimpinan, dan organ tubuh adalah asisten pribadi yang setia memenuhi kebutuhan dalam satu pekerjaan. Jika asisten jatuh sakit, pimpinan akan kerepotan, karena tidak ada yang bisa membantu. Oleh sebab itu jika ingin seluruh aktifitas kita berjalan lancar tanpa hambatan, berbaik-baiklah dengannya. Pahami juga jam dinas nya, jangan sampai memaksa bekerja di saat ia sedang libur.

Stop Makan Makanan Berat di Pukul 19.00                        

Sepotong roti yang kita santap saat sarapan, bukan sekadar masuk mulut dan megenyangkan perut saja. Namun perlu dicerna dengan waktu yang tepat dan posisi tubuh yang relax, kenapa? Karena lambung sebagai wadah makanan berkapasitas besar yang mempunyai jam tersendiri dalam melakukan penggilingan makanan , agar menghasilkan energiyang optimal untuk digunakan oleh tubuh.

Rasa perih, nyeri ulu hati dan kembung salah satu pertanda lambung kena masalah. Lambung tidak suka menerima makanan dengan kecepatan tinggi dan banyak gaya, yang membuat ia kesulitan dalam mencerna dan memecah makanan tersebut menjadi tenaga.

Nabi Shalallahu ‘Alaihi wa sallam, bersabda: “Janganlah sekali-kali salah seorang dari kalian minum sambil berdiri. Apabila dia lupa maka hendaknya dia muntahkan” (HR. Muslim no. 2026)

Baca Juga  Nasib Lulusan Sarjana Saat Pandemi Covid-19

Makanlah dengan santai ibarat sedang mantai, tidak usah tergesa-gesa seperti ditinggal kereta. Makan sambil duduk lebih menyehatkan ketimbang sambil berdiri/jalan. Karena jika lambung marah, ia akan mengeluarkan getah asamnya untuk mengiritasi kerongkongan, sehingga kita akan merasakan mual dan ingin muntah atau yang sering kita sebut dengan penyakit magh.

Salah satu pengobatan sunnah untuk penyakit mag Nabi Muhammad SAW, bersabda “Jilatlah garam sebelum dan sesudah makan!, andai orang-orang tahu manfaat garam niscaya mereka akan lebih memilihnya ketimbang penawar racun”. (Kitab: Al-Atsar al- Wadh’iyyah fi al-Kitab wa al-Sunnah’ karya Syekh Abdurrasul Al ‘Unuz).

Lambung, sebagai mesin penggiling on pada pukul 07.00-09.00. Waktu yang tepat untuk sarapan dengan komposisi nutrisi lengkap terutama amunisi yang mengandung zat pembangun dan pengatur seperti roti, susu , sereal dsb. Oleh sebab itu sarapan jangan sampai terlambat apalagi terlewat.

Bagi pecinta ngemil di malam hari, katakan bye bye pada coklat dan gorengan pada pukul 19.00-21.00. Karena lampu mesin sudah mulai berkedip merah, menandakan tombol off mesin penggiling sudah harus ditekan. Itu artinya lambung sudah tidak menerima lagi makanan, apalagi makanan kelas berat yang sulit dan lama proses mengolahnya seperti coklat dan es krim.

Mengantuk Saat Jam Kerja, Pertanda Fungsi Limfa Anda Melemah

Saat memilih makanan kadang kita hanya fokus memanjakan lidah saja, tanpa memperdulikan makanan tersebut sehat atau tidak. Makanan yang lezat belum tentu komposisinya dibutuhkan oleh tubuh, sehingga proses pengeluaran racun/sampah dari dalam tubuh sangat diperlukan. Organ yang bertanggung jawab untuk melakukan ini adalah limfa.

Apakah kita pernah merasakan rasa kantuk di pukul 09.00-11.00?  Jika iya, kita  perlu waspada pertanda tubuh kita menyimpan banyak racun/sampah. Seharusnya  pada jam tersebut tubuh kita fit bertenaga, karena limfa sedang mentransport energi dan membuat benteng pertahanan tubuh dari serangan bakteri.

Baca Juga  Kepercayaan Masyarakat dan Sertifikasi Halal Indonesia

Pada pukul 21.00-23.00 organ limfa sedang melemah, saatnya limfa  membuang racun dari tubuh. Maka waktu ini dianjurkan untuk tidur sambil mendengarkan murotal. Kenapa mesti sambil mendengarkan murotal?

Dokter Al-Qodhi di klinik besar Florida, Amerika Serikat, melakukan sebuah survei yang telah membuktikan hanya dengan mendengarkan ayat suci Al Quran, baik mereka yang mengerti bahasa Arab atau tidak, ternyata memberikan perubahan fisiologis yang sangat besar. Termasuk menangkal berbagai penyakit sekaliber kanker. Virus dan kuman berhenti bergetar saat dibacakan ayat suci Al-Quran, dan saat yang sama, sel-sel sehat menjadi aktif.

Tidak diragukan lagi saat limfa menjalankan tugasnya mendetox tubuh, mendengarkan murrotal bak peluru yang membombardir sel-sel abnormal pemicu  kanker.

Bangun di Sepertiga Malam Menyehatkan Paru-Paru

Pada pukul 03.00-05.00, adalah waktu yang enak buat tidur. Tak jarang kita sangat nyenyak di jam-jam tersebut, padahal secara medis rentang jam tersebut  organ paru-paru kita sedang melakukan proses pembuangan racun. Melakukan olah nafas pada jam ini sangat dianjurkan. Jika pada jam-jam tersebut kita mengalami batuk, bersin dan berkeringat, maka menandakan paru-paru kita sedang terganggu.

Allah SWT berfirman : “Dan pada sebagian malam, lakukanlah shalat tahajud (sebagai suatu ibadah) tambahan bagimu: mudah-mudahan Tuhanmu mengangkatmu ke tempat yang terpuji”. (Q.S. al-Isra/17:79).

Sangat relevan waktu sepertiga malam yang Rasulullah anjurkan  untuk sholat tahajud dengan jam kerja paru-paru, ternyata tersimpan manfaat untuk kesehatan.   

Jangan Terlalu Ambisi dan Stres di Sekitaran Pukul 11.00-13.00

Organ jantung layaknya sebuah mesin dalam tubuh kita, pada waktu-waktu tertentu ia bekerja dengan  kuat, ada kalanya memerlukan istirahat. Cuaca panas di sekitaran pukul 11.00-13.00 posisi jantung dalam aktifitas berat. Di mana jantung sedang mengemban tugasnya  memompakan darah yang mengandung nutrisi dan oksigen ke seluruh organ tubuh lainnya. Maka pada jam ini tubuh sebaiknya beristirahat, menghindari panasnya cuaca, olah fisik, ambisi dan emosi.

Baca Juga  Kecenderungan Gadget pada Masa Pandemi Covid-19

Pada pukul 23.00-01.00 kerja jantung melemah, kita sebaiknya untuk beristirahat. Apabila kita memaksakan diri masih bekerja, fungsi jantung kita akan menurun.

Rasulullah SAW juga punya rahasia menyembuhkan serangan jantung dengan cara mengonsumsi minyak zaitun.

Rasulullah menganjurkan umatnya untuk mengonsumsi minyak zaitun dengan maksud menurunkan kadar kolestrol dalam tubuhnya. Beliau bersabda, “Makanlah zaitun dan lumurilah dirimu dengannya, karena dia berasal dari pohon yang diberkati.”(HR. Ahmad dan Tirmidzi).

Tubuh beserta organ-organ yang berada di dalamnya  adalah amanah dari Allah SWT yang harus kita rawat. Jangan sampai rusak dan sakit akibat ketidaksiplinan kita dalam beraktifitas serta kurangnya pengetahuan kita tentang jam kerja organ tubuh.

Dengan mengenal jam kerja organ tubuh,  berarti kita melakukan usaha menjaga amanah-Nya. Dan alangkah sempurnanya, jika ikhtiar kita diiringi dengan melakukan kebiasaan-kebiasaan sehat yang dicontohkan oleh Rasulullah SAW, demi terwujudnya kesehatan yang paripurna penuh keberkahan.

Bagikan
Post a Comment