f

Get in on this viral marvel and start spreading that buzz! Buzzy was made for all up and coming modern publishers & magazines!

Fb. In. Tw. Be.
kecerdasan anak

Delapan Tips Dongkrak Kecerdasan Anak Sejak dalam Kandungan

Memiliki anak cerdas tentu menjadi impian setiap orangtua. Kecerdasan merupakan salah satu modal berharga untuk menjalani proses kehidupan di dunia menuju kesuksesan. Anak yang cerdas akan mampu tanggap terhadap segala situasi dan mampu menghadapi dan menyelesaikan setiap persoalan tanpa banyak berkeluh kesah.

Pertanyannya adalah, bagaimana cara agar kita memiliki anak-anak yang cerdas?

Selain karena faktor genetik, kecerdasan juga dapat dipengaruhi oleh faktor lain seperti halnya lingkungan, interaksi dalam keluarga, pendidikan, dan juga makanan. Menariknya, kecerdasan ternyata tidak terbentuk secara instan. Kecerdasan ini terbentuk sejak anak masih di dalam kandungan. Jika orangtua ingin anaknya cerdas, maka proses pemberian pendidikan, pemberian stimulus, interaksi dan pemberian nutrisi pengungkit otak harus dipenuhi sejak anak di dalam kandungan.

Berikut tips mendidik dan merangsang kecerdasan anak sejak dalam kandungan yang dapat ayah bunda praktikkan.

Pertama, berikan nutrisi terbaik dan beraneka ragam

Nutrisi memiliki peran penting dalam pertumbuhan dan perkembangan sel otak. Pemberian nutrisi yang berimbang akan mendukung tumbuh kembang otak secara optimal hingga kelak akan berpengaruh terhadap kecerdasan anak.

Beberapa makanan penting yang disarankan untuk ibu hamil adalah aneka buah dan sayur yang berbeda warna, gandum utuh, sereal, makanan mengandung protein, telur, kacang-kacangan, daging dan maknanan lain yang mengandung kolin tinggi.

Selain itu ibu juga dianjurkan mengkonsumsi makanan yang mengandung zat besi, asam folat, susu, keju dan yoghurt (atau makanan lain yang mengandung tinggi kalsium).

Ibu juga perlu mengurangi asupan lemak dan memperbanyak cairan, cukupi asupan vitamin D, yodium dan DHA. DHA memiliki peran penting dalam membangun sistem saraf pada awal kehidupan. Ibu hamil dan menyusui sebaiknya mengkonsumsi DHA minimal 200mg /hari. Selain DHA, Essential fatty acids (EFAs) juga penting dikonsumsi.

Baca Juga  Anak Indonesia Gembira di Rumah

Ketika seorang ibu sedang hamil, maka dianjurkan mendapatkan omega 3 melalui sumber berikut: minyak sayuran, dua kali sajian makanan dari laut/seafood dan supplement omega 3 yang mengandung EPA dan DHA. Ibu hamil juga dapat mengkonsumsi omega 3 yang didapat dari flaxseed, canola dan minyak kedelai.

Sementara, beberapa yang sebaiknya dihindari adalah obat-obatan, alkohol, tembakau, caffeine (dalam kopi atau teh), ikan laut dari air laut yang terkontaminasi, ikan-ikan yang besar yang berpotensi mengandung zat kimia dari laut.

Kedua, seringlah berkomunikasi dengan janin

Berkomunikasi dan berinteraksi kepada janin merupakan salah satu bentuk pendidikan yang bisa dilakukan sejak anak dalam kandungan. Komunikasi dengan janin harus dilakukan setiap saat dan sesering mungkin. Adanya komunikasi dan interaksi antar ibu dan janin akan membantu mengoptimalkan kecerdasan anak.

Sebagaimana diketahui, bahwa pada usia kehamilan 20 minggu fungsi pendengaran janin sudah berfungsi dengan baik; sehingga janin dapat mendengar segala suara dari luar rahim (meskipun terdengar lebih lirih karena terhalang dinding perut dan air ketuban).

Maka, sejak usia kehamilan 20 minggu ini, sebaiknya keluarga sering mengajak komunikasi janin. Contoh komunikasi yang dapat dilakukan: “dek, ibu mau makan. makan bareng yuk..”, “adik, ibu mau mandi, airnya dingin ya…”(sambal menyiram air ke dinding perut). “Adik, di dalam perut yang tenang ya sayang…ibu mau istirahat,” dll.

Ketiga, ajak janin bermain

Ingat bahwa janin sudah dapat merespon setiap sikap dan perilaku ibunya., termasuk perilaku bermain. Ajak anak bermain untuk merangsang indera janin. Contoh permainan yang bisa dilakukan:

  • mengetuk sisi perut hingga muncul respon (tendangan), kemudian pindah ke sisi perut lainnya. Lakukan secara bergantian pada perut kanan-kiri.
  • bermain senter ke perut ibu di dalam kamar yang gelap. Arahkan senter ke perut dan sampaikan “Ini terang ya dik…”, lalu padamkan senter dengan berkata “ini gelap ya dik”.
  • Bermain dengan air saat mandi
  • Bermain dengan usapan , dll
Baca Juga  Belajar Parenting Sejak Muda
Keempat, dengarkan musik dengan frekuensi rendah dan Al-Qur’an.

Memperdengarkan musik Mozart dipercaya dapat membantu meningkatkan kecerdasan bayi. Jika bunda mau memperdengarkan musik Mozart, maka beberapa tips berikut bisa dilakukan: gunakan headset tempelkan pada perut; gunakan pemutar musik bukan hp (kalau mau menggunakan hp usahakan data seluler pada hp dimatikan); putar musik malam hari pada saat kondisi rileks menjelang tidur (jam 8-9 malam). Selain musik Mozart, bagi seorang muslim, janin juga bisa diperdengarkan lantunan ayat-ayat suci Alquran dengan nada yang lembut.

Kelima, bacakan cerita

Bacakan cerita kapanpun di manapun. Baca dengan suara cukup keras agar terdengar oleh janin. Gunakan intonasi suara yang bervariasi dan sesuaikan dengan karakter tokoh di dalam buku bacaan. Bunda dapat memilih buku fabel (dongeng binatang), kisah nabi, dll.

Selain merangsang kecerdasan otak, kebiasaan membacakan cerita ini diharapkan dapat merangsang anak agar mencintai buku dan mencintai kegiatan membaca dan menulis sejak dini. Jika anak sudah cinta baca tulis, maka proses belajar selanjutnya akan berjalan lebih mudah.

Keenam, jadilah ibu hamil yang aktif

Hamil bukan menjadi alasan untuk pasif dan malas beraktivitas. Meskipun ibu hamil cenderung lemas dan daya tahan tubuh menurun, namun usahakan ibu tetap aktif melakukan kegiatan yang bermanfaat. Tidur secukupnya, namun jangan habiskan waktu hanya untuk tidur saja.

Cobalah olahraga ringan, lakukan aktivitas baik di dalam maupun luar rumah, mempelajari hal baru, baca buku, dll. Selain membuat hari-hari anda menjadi lebih berwarna, ternyata aktivitas fisik ibu akan mempengaruhi kecerdasan janin.

Ketujuh, hindari stress

Stress pada kehamilan akan berdampak buruk bagi ibu dan janin yang dikandung. Ketika ibu stress, sebenarnya janin di dalam kandungan juga ikut merasakan stress. Denyut jantung ibu dan janin juga akan meningkat.

Baca Juga  Tips Parenting (3): Kendala Ekonomi dan Internet BdR

Nah, jika ibu ingin anaknya cerdas, usahakan kelola pikiran dengan baik. Jika ada stressor muncul coba rileksasi, Tarik nafas dalam, lihat ke atas dan tenangkan kembali pikiran dan hati anda.

Kedelapan, berdoa

Doa adalah puncak dari segala usaha. Setelah semua usaha dilakukan, langkah selanjutnya adalah berdoa, minta kepada Sang Maha Pencipta agar diberikan anak yang cerdas dan sehat. Ingat, tidak ada kejadian apapun atas ijin Tuhan YME. Maka, mintalah kepadaNya agar Dia berkenan mengaruniakan anak cerdas untuk ibu.

Demikian beberapa usaha yang dapat dilakukan oleh orangtua sejak anak di dalam kandungan agar memiliki anak cerdas. Selamat mencoba.

Bagikan
Post a Comment