f

Get in on this viral marvel and start spreading that buzz! Buzzy was made for all up and coming modern publishers & magazines!

Fb. In. Tw. Be.
oki setiana dewi

Tokoh Inspiratif Oki Setiana Dewi

Oki Setiana Dewi merupakan seorang pendakwah, aktris dan juga youtuber. Beliau lahir pada tanggal 13 Januari 1989 di Batam. Oki merupakan kakak dari youtuber terkenal di Indoesia yaitu Ria Ricis yang notabenenya merupakan anak sulung di keluarga Oki. Adapun saudara kandung Oki Setiana Dewi yaitu  Dokter Sindi Kurnia  dan Ria Ricis.

Oki merupakan anak dari pasangan Sulyanto dan Yunifah Lismawati. Oki Setiana Dewi menikah dengan  Ory Vitrio Abdullah pada tahun 2014 Dalam pernikahnnya tersebut, mereka dikaruniai anak yaitu Maryam Nusaibah, Khadeejah Faatimah Abdullah, Ibrahim Muuhammad Abdullah dan Sulaiman Ali Abdullah. Dalam pernikahanya mereka tampak harmonis dan tidak ada kabar miring.

Riwayat Pendidikan

Pada masa kecilnya Oki bersekolah di SD Kartini I Sekupang, kemudian melanjutkan studinya ke SMP Negeri 3 Batam dan SMA Negeri 1 Batam. Beliau Selalu mendapatkan peringkat 1 di kelasnya. Selain itu Oki juga selalu aktif mengikuti berbagai macam ekstrakulikuler mulai dari Organisasi Siswa Intra Sekolah, Gerakan Pramuka Indonesia, basket, teater, english club, hingga marching band dan menjadi ketua kelas sejak SD-SMA.

Setelah kelas 2 SMA, beliau melanjutkan studinya SMA di SMA Negri Depok. Oki Setiana Dewi mengenyam pendidikan sarjana di Universitas Indonesia, dengan mengambil Jurusan Sastra Belanda. Beliau juga terpilih menjadi Mahasiswa Baru Terbaik OKK Universitas Indonesia, dan Mahasiswa Baru terbaik di Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya (FIB).

Setelah lulus S1, Oki sempat belajar dan tinggal di Rumah Quran Darut Tarbiyah Depok untuk menghafalkan Al Quran, dan belajar bahasa Arab sebagai mustami’ selama 1 bulan di lembaga bahasa Universitas Umm al-Qura Mekkah. Pada tahun 2012, beliau melanjutkan S2nya di Universitas Negri Jakarta dengan jurusan PIAUD atau pendidikan anak usia dini.

Baca Juga  Mukhtar Mai Pelajaran Berharga Bagi Korban Pelecehan Seksual

Kemudian di tahun 2016 beliau melanjutkan program doktor di dua tempat sekaligus yaitu Program Doktor Kajian Islam jurusan Dakwah dan Komunikasi di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dan Program Doktor Pendidikan Berbasis Quran di Perguruan Tinggi Ilmu Al Quran Jakarta. Pada tahun 2017, beliau mendapatkan beasiswa untuk mempelajari Kajian Islam di Australia dan di Jerman.

Catatan Karir Oki

Oki Setiana Dewi memulai karirnya sebagai pemeran utama dalam film Ketika Cinta Bertasbih. Terdapat beberapa judul film lian yang ia bintangi yaitu Demi cinta, The Power of Love , Hayya: The Power of Love 2, Sisterlillah The Movie (2020), dan Merindu Cahaya de Amstel. Banyak penghargaan yang sudah beliau raih dalam dunia akting yaitu artis pendatang baru wanita terbaik, aktris wanita terbaik versi Islamic Movie Days dan aktris pendatang baru wanita terfavorit dalam film Ketika Cinta Bertasbih.

Selain menjadi aktris beliau juga menjadi pendakwah di salah satu stasiun televisi yaitu Islam Itu Indah. Beliau juga aktif dalam mengisi dakwah maupun seminar kemuslimahan dan kepemudaan. Oki Setiana Dewi atau bisa disebut dengan ustadzah Oki, beliau membangun suatu  komunitas Sahabat Oki Setiana Dewi (SOSD). Kemudian mengadakan kegiatan DMKM (dari masjid ke masjid) dan program “Yuk mengaji, Al Qur’an” di hati.

Prestasi dan kecerdasan yang dimiliki oleh Oki Setiana Dewi diakui ketika beliau ditunjuk sebagai Duta untuk Anak-Anak Rumah Autis (2012) dan Duta Internet Sehat dan Aman oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (2010). Mempunyai akun Youtube yang berisi konten-konten dakwah maupun kehidupan keseharian, Oki sering collabs dengan adiknya yaitu Ria Ricis.

Ustadzah oki juga mempunyai sebuah karya buku antara lain yaitu Melukis Pelangi: Catatan Hati Oki Setiana Dewi (2011), Sejuta Pelangi : Pernik Cinta Oki Setiana Dewi (2012), Cahaya di Atas Cahaya : Perjalanan Spiritual Oki Setiana Dewi (2012), Hijab I’m In Love (2013), dan Dekapan Kematian (2013).

Baca Juga  Karimah Al-Marwaziyah: Cendekiawan Muslim Perempuan Ahli Hadis pada Abad Ke-5

Dalam karya bukunya yang paling berbeda dari yang lain yaitu buku yang berjudul Hijab I’am Love. Beliau juga mengeluarkan album pertamanya bersama adikya yang bernama Shindy dalam album Hijab I’m love.

Ustadzah Oki mendirikan sebuah pesantren yang bernama Maskanul Huffadz untuk penghafal Al-Qur’an dan salah satu dari adiknya menjadi donatur yaitu Ria Ricis.

Bisnis Halal Ala Oki

Tak hanya sukses dalam dakwah, maupun artis, beliau juga mempunyai bisnis fashion maupun bisnis kuliner. Beberapa bisnis fashionya yaitu Ready to Wear OSD yang khususnya baju muslimah yang berada di kawasan Thamrin City, Oki Setiana Dewi Bridal, Busana Sporty Syar’i yang menyediakan baju olahraga untuk muslimah, dan bisnis Fashion Share Signature Scraf yang menyediakan berbagai macam model hijab.

Selain berbisnis fashion, beliau juga berbisnis makanan atau produk kosmetik. Adapun bisnis kulinernya  yaitu Surabaya Papata yang berada di Surabaya, Toko Oleh-OlehAa’ dan teteh yang berlokasi di Bandung. Oki juga berbisnis minuman herbal yaitu EC Lemon dan Baritsa Herbal. Bisnis kecantikan  yaitu Momila  yang merupakan produk family care berbahan organik.

Oki Setiana Dewi merupakan seseorang wanita yang mengininspirasi dengan segudang bakat dan pengalaman. Selain itu, beliau juga orang yang cerdas, dan sukses dalam karirnya. Beliau merupakan sebuah teladan bagi kita semua khususnya perempuan.

Bagikan
Post a Comment